Teror Warga Jenu

Tiga Sarang Tawon Ndas di Jenu Dimusnahkan

kabartuban.com – Karena sering membuat resah masyarakat,  tiga sarang Vespa Affinis atau Tawon Ndas (Lebah) di Desa/Kecamatan Jenu berhasil musnahkan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irawan saat dikonfirmasi mengatakan, evaukasi dilakukan Senin malam (13/1/2020), karena hewan penyengat ini, tidak seagresif saat siang hari.

“Benar mas,  semalam kita musnahkan tiga sarang,” kata Yudi kepada awak media,  Selasa (14/1/2020).

Yudi menambahkan, tiga titik yang dievakuasi di rumah Endah, yang lokasi di pohonbambu sebelah rumah. Kemudian di rumah Risnan Khoirudin berada diatap rumah,  dan terakhir di atap rumah Mukilan di Dusun Kejenon. Ketiga lokasi tersebut di Desa Jenu.

Alhamdulillah belum ada yang menjadi korban sengatan lebah di situ,” tambahnya.

Pemusnahan oleh tim TRC BPBD Tuban,  dengan cara membakar sarang dan dipersiapkan pemadaman paska pembakaran,  agar percikan api tidak merembet kemana-mana.

“Sementara belum ada kesulitan cuma ke depan kita butuh peralatan untuk mendukung kegiatan pemusnahan,”pungkasnya.

Sebatas diketahui, ditahun sebelumnya Tawon Ndas menyerang seorang petani bernama Japar (49) asal warga Desa Kenongosari, Kecamatan Soko.  Dari serangan tersebut menyebabkan Japar  meninggal dunia gara-gara tersengat Tawon Ndas, Senin (18/11/2019).

Peristiwa tersebut terjadi saat korban sedang mengairi jagung di sawah miliknya. Lelah mencari jagung, ia lalu istirahat di bawah pohon. Namun, tak disangka ada sarang Tawon Ndas tepat berada di atasnya.  (Dur/Rul)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close