Tiga Kecamatan Ditarget Miliki Perpustakaan Umum

850
Perustakaan di Tuban

kabartuban.com – Guna mendorong masyarakat pedesaan melek baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban tahun ini menargetkan tiga Kecamatan yang ada di Tuban memiliki perpustakaan umum.

Dari data yang dihimpun kabartuban.com, ketiga Kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Palang, Tambakboyo, dan Widang. Saat ini ada lima Kecamatan yang sudah memiliki perpustakaan umum, diantaranya, Kecamatan Jenu, Kerek, Rengel, Jatirogo, dan Kenduruan.

Kepala Perpustakaan Umum Daerah Tuban, Joko Prijono mengatakan, Program perpustakaan merupakan salah satu program strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberantasan buta aksara di daerah-daerah terpencil.

Untuk mengundang minat baca, lanjutnya, perpustakaan yang ada di kecamatan tersebut dapat menyediakan koleksi buku yang bagus, termasuk buku-buku kewirausahaan dan budidaya pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Buku-buku tersebut paling diserbu masyarakat di pedesaan, terutama tentang bercocok tanam atau peternakan,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, program tersebut nantinya akan terus berlanjut, dan tidak menutup kemungkinan akan dibangun lebih dari tiga perpustakaan, tergantung kondisi keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban.

“Kami berharap pula partisipasi semua pihak atau perusahaan dalam upaya lebih mendorong masyarakat  melek baca,” pungkasnya.

Mengenai pembinaan dan pengembangan perpustakaan, Joko mengaku kedepan akan menjadi tanggung jawab Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tuban, sehingga perpustakaan yang telah dibangun bisa dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. (har)

 

 

/