Tiga Ribu Warga Tuban Belum Miliki E-KTP

250

kabartuban.com – Hingga hari ini, sebanyak 3.000, warga tuban belum memegang Elektronik  Kartu Tanda Penduduk (E-KTP),  sementara ini mereka yang belum memiliki EKTP, hanya dibekali surat keterangan atau KTP sementara sebagai penganti E-KTP yang masih belum terbit.

Plt, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Agus Priyono, mengatakan, belum tercetaknya E-KTP warga Tuban tersebut dikarenakan masih ada data ganda, sehingga pencetakan belum dapat dilakukan.

“KTP belum jadi bukan persoalan disini, namun adanya data ganda, dan yang dapat dihapus pihak pusat bukan kita, jika disana sudah beres langsung diterbitkan,”  terang Agus Priyono.

Adapun, di Kabupaten Tuban terdapat 987.587 warga tercatat wajib KTP, sekitar 920.571 sudah melakukan perekaman, sisanya 3.000  masih menunggu E-KTP mereka tercetak atau terbit.

“Untuk warga yang baru memasuki daftar wajib KTP pihak kami masih melakuan pendataan,”  jelasnya.

Lebih lanjut,  menurut Agus, untuk mempercepat penyelesaian, belum tercetaknya E-KTP sekitar 3.000 warga Tuban itu, Dinas Kependuduan telah melakukan berbagai upaya percepatan, diantaranya  melakukan kunjungan ke kecamatan agar warga yang sudah memasuki usai KTP melakukan perekaman, serta memberikan pelayanan hingga tingkat bawah.

“Setiap tahun itu ada 40 kali mas kegiatan, ada yang dijadwal ada juga yang tidak dijadwal seperti mendatangi kecamatan yang meminta untuk didata,” ungkap Agus.

Sementara itu, salah satu warga yang ditemui di ruang pelayanan kependudukan, Dukcapil Tuban,  Kaswoco, mengatakan, jika pelayanan yang didapatkanya untuk membuat E-KTP termasuk cepat, sebab dirinya yang melakukan perekaman satu hari lalu sudah dapat mengambl E-KTP miliknya.

“Saya kemarin kesini mas ngurus E-KTP, seharian disini antre,  dan sekarang sudah jadi,” katanya.(hon)

Apa Komentarmu?

SHARE