Truk Pengangkut Gas Bumi, Terbakar di Bancar

392
Petugas Damkar melakukan upaya Pemadaman Api pada Truk Trailer milik PT Jatim Petrolium transport. (foto : BPBD Kabupaten Tuban)

kabartuban.com – Sebuah Kendaraan Truk trailer yang mengangkut gas bumi terbakar di di jalan Pantura KM 40, tepatnya di Desa Bocong Kecamatan Bancar, sekitar pukul 01.30 WIB, Jumat (20/7/2018) dini hari.

Terbakarnya truk milik PT Jatim Petrolium transport ini di duga karena pecahnya klaker roda kiri belakang, yang kemudian menimbulkan gesekan dan percikan api. Setelah itu, api mengenai ban kiri belakang dan menjalar ke box atau body kontainer bagian belakang.

“Api berasal dari ban kiri belakang, yang diduga pecahnya klaker roda,” ujar Joko Ludiyono, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Menurut Joko, awal mula kejadian itu, saat truk trailer bermuatan gas bumi bernopol L 8083 UQ yang dikemudikan Ridwan berangkat dari Surabaya dengan tujuan ke pabrik PT. Arkop yang ada di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Truk tersebut bermuatan 13 tabung dengan berat dua ton gas Bumi. Setiba di tempat tujuan gas itu dipindahkan sebanyak 12 tabung, dan sisanya digunakan untuk bahan bakar kendaraannya.

Setelah selesai, truk berniat kembali ke Surabaya dan baru sampai di Desa Boncong-Bancar muncul kepulan asap yang berasal dari ban belakang.  Melihat hal itu, sopir menghentikan truknya dan berusaha memadamkan api tersebut. Tetapi api tetap membesar dan menghubungi petugas Damkar Pemkab Tuban.

“Tahu ada asap yang mengepul, supir langsung mencari tempat yang sepi untuk berhenti, dan segera menghubungi petugas damkar,” tambahnya.

Petugas dan dibantu anggota Polsek setempat melakukan pemadaman dengan menggunakan Dua mobil Damkar, dengan kesigapan petugas, api berhasil jinakan dalam waktu 1,5 jam.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, kini masih kita dalami dari peristiwa tersebut, ” sambung Kapolsek Bancar, AKP Ibnu Hamzah. (Dur/Rul)

/