Turun ke Tuban, Tim Menkopolhukam Pastikan Produksi Garam dan Kilang Minyak

537

kabartuban.com – Guna memastikan produksi garam, karena musim yang akhir-akhir tidak bisa diprediksi dengan tepat, membuat Tim Kementrian koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia, mengunjungi Kabupaten Tuban, untuk memastikan produksi garam bisa stabil.

“Tim dari Kemenkopolhukam melakukan Rakor di Tuban, untuk memastikan dan menjamin kesiapan produksi garam di masyarakat, melihat cuaca yang sulit untuk diprediksi, ” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban, Dr. Ir.M. Amenan saat konfirmasi usai Rakor tertutup di Rumah Dinas Bupati Tuban, Kamis (22 3 /3/2018).

Menurutnya, upaya yang dilakukan Kemenkopolhukam untuk menjamin produksi, diantaranya dengan mengoptimalkan kawasan garam yang ada, seperti di Kecamatan Palang dan Tambakboyo.

“Dengan jumlah produksi 30 ribu ton per tahun diharapkan bisa dipertahankan, ” tambahnya.

Informasi yang berhasil di himpun, Kabupaten Tuban berhasil menyumbang produksi garam nasional sebesar 2,7 persen, sedangkan di Jawa Timur sebesar 8 persen garam, dengan produksi yang lumayan besar, peranannya sangat strategis dan diharapkan bisa terus meningkat produksinya.

Selain membahas terkait produksi garam di Kabupaten Tuban, Rakor juga membahas berkenan dengan proyek strategis Nasional, yakni pembangunan Kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR) di Kecamatan Jenu, karena selama ini masyarakat sekitar yang rencananya di bangun kilang Tercanggih di Asia enggan untuk melepas tanahnya kepada pihak Pertamina-Rosneft.

“Jadi kita menyampaikan permasalahan yang selama ini terjadi di kawasan Kilang, pertemuan hanya membahas itu saja, dan pihak Kementrian mencatat serta melaporkan apa yang terjadi di lapangan,” tambah Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid.

Sementara pihak dari Kemenkopolhukam RI ketika ditemui enggan untuk berkomentar, mereka hanya memilih untuk melanjutkan kunjungannya ke lokasi rencana pembangunan Kilang minyak di Kecamatan Jenu dan Gudang Garam di Kecamatan Palang.

Untuk diketahui Kemenkopolhukam melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban, dengan melakukan Rapat Koordinasi tertutup dengan Forkopimda dan OPD Kabupaten di Rumah Dinas Bupati Tuban. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE