Untuk Keamanan, Wabup Rekomendasikan Tutup Sementara Goa Pertiwi

474
Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein,M.Si saat melihat Gos Pertiwi di Desa Jadi Kecamatan Semanding Tuban.

kabartuban.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein,M.Si merekomendasikan untuk menutup sementara tambang batu kapur yang dibawahnya terdapat goa kristal, yang ditemukan warga beberapa waktu lalu.

Menurut Wabup penutupan sementara itu, untuk menunggu data dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pusat terkait potensi goa yang berada di Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding ini menjadi tempat wisata atau digunakan untuk tempat konservasi.

“Kita menunggu data dari BKSDA dulu, dari situ kita akan mengetahuinya,” ujar Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, saat melihat secara langsung dilokasi goa, Selasa (7/8/2018).

Menurutnya, aktivitas pertambangan yang ada dilokasi harus diketahui keamanannya. Baik struktur kontruksi goa, maupun keamanan dari masyarakat sekitar lokasi.

“Kita juga bisa menjaga keamanan baik goa maupun masyarakat sekitar,” tambahnya.

Tanah sekitar satu hektare yang digunakan tambang batu kapur tersebut milik Sayu (65) warga setempat mengatakan, setelah ditemukan goa di lahannya, hampir seluruh aktivitas tambang yang berdekatan dengan lokasi sudah dihentikan.

“Setelah anak saya menemukan goa, pertambangan langsung saya hentikan, khawatir kalau tetap dilanjutkan, akan terjadi yang tidak-tidak,” sambungnya.

Sementara menurut, Alim Muttamam, Mahasiswa Pecinta Alam Daun Lontar Universitas Sunan Bonang Tuban, mengatakan, setelah melakukan penelusuran dalam goa, pihaknya telah memetakan kontruksi dalam goa yang dijuluki goa Pertiwi ini.

“Kalau kita telusuri, panjangnya hampir 214 meter dan lebar bervariasi ada yang 20 meter dan 10 meter,” terangnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE