Vertikal Garden Tak Dirawat, Pemerintah Dinilai Hamburkan Anggaran

807
Karena tidak dirawat dengan baik, Vertikal Garden yang bertujuan memperindah kota, akhirnya malah sebaliknya.

kabartuban.com – Keberadaan vertikal garden (taman tegak lurus) yang beada di atas jembatan Mangun Joyo, Keluragan Karangsari, Tuban, dinilai tidak bermanfaat dan terkesan hanya menghabiskan anggaan. Pasalalnya, alih-alih memperindah kota keberadaan taman itu justru menambah kumuh karena tidak dirawat dengan baik.

Pemerhati lingkungan yang juga Direktur Mangrove Centre Tuban (MCT), H Ali Mansyur mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam hal ini, Dinas terkait dianggap asal-asalan melakukan kegiatanya.

“Mungkin tujuanya bagus untuk memperindah kota, namun karena tidak dirawat, kondisinya justru terbalik, semakin kumuh,” kata H Ali Mansyur (10/8/2017)

Pria yang juga pelestari lingkungan kawasan pantai ini menyayangkan tanaman yang akhirnya mati karena tidak dirawat, dan kembali diganti dengan tanaman baru yang anggaranya diambil dari APBD.

“Kasihan tanamanya mati, akhirnya di tambal sulan, mati ditanami dan ditanam lagi, ini terkesan pemborosan,” terang terang pria yang juga pernah meraih penghargaan piala Kalpataru dari pemerintah pusat ini .

Lebih lanjut, H Ali Mansur menyarankan, jika Pemkab Tuban serius ingin memperindah kota, tanaman-tanaman yang digantung itu dirawat dengan baik, tidak hanya ditanam kemudian dibiarkan.

“Kalau serius seperti kota-kota lain yang sudah bagus, itu ya…dirawat, bukan dibiarkan setelah ditanam,” tegas Ali Mansyur.

Sementara itu pihak Pemkab Tuban, melalui Kabag Humas Drs. Agus Wijaya, mengatakan, tanaman itu mestinya mampu memperindah kota, bukan malah menambah kumuh lingkungan yang sudah kumuh.

“Saya pikir tujuanya adalah memperindah, dan menyembunyikan kekumuhan dibawahnya, namun kalo gak dirawat ya malah kumuh,” terang Agus.

Agus mengaku, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, soal pemeliharaan tanaman tersebut, agar tidak menjadi program sia-sia.

“Kami akan konfirmasi dinas terkait, bagaimana dengan pemeliharaanya, atau bagaimana mestinya agar tanaman itu tidak mudah mati, misalnya dengan tanaman yang tahan panas,” kata Mantan Camat Montong ini. (Luk)

/