Warga Sekitar Klenteng, Antusias Ikuti Rebutan Buceng

219

kabartuban.com – Polemik Patung Kongco Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban satu bulan yang lalu, tak menyurutkan warga sekitar tempat ibadah umat Tri Dharma untuk berebut Tumpeng (Buceng).

Ratusan warga rela berdesak-desakan untuk merebutkan bungkusan yang berisikan beberapa bahan makanan dari Klenteng terbesar se Asia tengara tersebut.

Seperti Surti, salah satu warga asal Desa Sugiharjo, Kecamatan Kota Tuban, ia rela menunggu untuk ikutan rebutan buceng, yang kebetulan juga ikut memasak buceng di area klenteng.

“Dari kemarin mas, nanggung kalau pulang, jadi sekalian ikut rebutan” ujar Surti (12/9/2017).

Selain Surti, Zainab warga Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, Tuban yang datang bersama cucu juga ikut dalam acara tersebut. Bahkan ia mendapatkan empat Buceng yang rencananya akan ia pakai untuk makan siang dengan keluarga.

“Senang mas, dapat empat Buceng lumayan untuk makan siang” Imbuh Zainab.

Sementara itu, Liu Pramono Wakil Ketua Klenteng Kwan Sing Bio mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 1.200 buceng yang berisikan tumpeng kecil, kopi, garam mi instan dan Tahu sebagai lauk di dalamnya dan pembagian beras seberat 5 Kg sebayak 1000 paket untuk para warga sekitar Klenteng.

“Ada 1.200 buceng dan 1000 peket beras yang kami bagikan untuk masyakat umum,” ujar Liu.

Ritual rebutan buceng dan pembagian beras ini selain rutinitas dilakukan pihak Klenteg yang dilakukan setiap bulan ke tujuh tahun imlek, ritual juga untuk mendoakan para arwah yang tidak terawat.

“Ya sebagai tanggungjawab kita yang masih hidup, untuk mendoakannya, salah satunya dengan ritual itu” terang Liu Pramono. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE