Angkutan Gratis Pelajar di Tuban Berakhir Besok, Akan Dilelang Kembali di Akhir Desember Tahun Ini

94
foto: Angkutan umum gratis untuk siswa akan segera dihapus (dokumentasi istimewa)

kabartuban.com – Sebagai optimalisasi dan menghidupkan kembali ekonomi dari Angkutan Umum yang beroperasi. Melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLH-Hub) Kabupaten Tuban meluncurkan fasilitas Angkutan Umum Gratis yang disediakan bagi pelajar.

Program yang telah berjalan pada Bulan Oktober 2022 lalu menuai tanggapan positif, baik itu dari orang tua wali murid, guru-guru yang ada di sekolah serta para pelajar yang menggunakan fasilitas tersebut.

Baca juga :

Proyek Revitalisasi Taman Kapur Tuban Gagal Dikerjakan Tahun Ini

Kabupaten Tuban Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2021

Kemenag Tuban Belum Dapat Pastikan Kenaikan Biaya Haji Tahun Depan

Dalam hal ini DLH-Hub melibatkan 41 unit angkutan umum yang tersebar dalam 14 rute. Baik itu di dalam kota maupun antar kecamatan. Sayangnya program tersebut akan berakhir pada besok Rabu (14/12/2022) dikarenakan masa percobaan selama 3 bulan.
Kepala Bidang Lalu Lintas DLH-Hub, Yuli Imam Isdarmawan membenarkan hal tersebut, namun dirinya juga menyampaikan rencana selanjutnya mengenai kelanjutan Angkutan Pelajar Gratis.

“Iya benar nanti rencana untuk Tahun 2023 akan kita lelangkan di akhir Desember 2022 ini,” ungkapnya kepada media kabartuban.com, Selasa (13/12/2022).

Imam sapaan akrbanya menegaskan jika program yang berlangsung itu akan tetap dilanjutkan, sedangkan untuk trayek yang dilalui akan dilakukan evaluasi lebih lanjut.

“Kita akan petakan lagi jalur-jalur mana yang memerlukan tambahan kuota,” bebernya.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tuban, M.Ikhsan Hadi berharap untuk program dari Pemerintah dapat terus berjalan karena pelajar sangat terbantu.

“Kalau saya program ini bisa berlanjut setiap tahunnya dan ini masih kita ajukan kembali,” paparnya.

Senada dengan hal tersebut, Henni selaku orang tua dari wali murid yang mana anaknya menggunakan jasa tersebut menyanyangkan jika program angkutan gratis tidak dilanjutkan. Sebab selain membantu dari sisi siswa hal itu juga membantu untuk membangkitkan ekonomi dari angkutan umum. (hin/dil)