Aturan Baju Adat Bagi Siswa SD hingga SMA, Kadisdik Tuban: Belum Kita Terapkan

55
foto: baju adat yang digunakan oleh para pelajar

kabartuban.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan aturan terbaru seragam sekolah jenjang SD, SMP, SMA Tahun 2022.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam aturan seragam sekolah yang baru, siswa jenjang SD hingga SMA akan menggunakan seragam nasional, seragam Pramuka dan pakaian adat.
Pada Permendikbud Ristek No 50 berbunyi “Aturan terbaru seragam sekolah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orangtua atau wali siswa dan meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa”

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban melalui Pelaksana Tugas (Plt), Abdul Rakhmat, hingga kini belum menerapkan terkait adanya penggunaan pakaian adat untuk Sekolah Dasar hingga Menengah.

Baca Juga: Disengat Tawon Vespa, Lansia 98 Tahun Dilarikan ke Rumah Sakit

Rakhmat sapaan akrabnya menyebutkan jika peraturan Kemendikbudristek belum direalisasikan di Kota Tuban, sebab pihaknya tak ingin terburu-buru untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut.

“Belum kita terapkan penggunaan pakaian adat, sebab saat ini kita masih mengkaji model pakaian khas atau adat untuk para pelajar,” tururnya, Senin 14/11/2022).

Namun pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tuban.

Hanya saja tinggal menunggu penerapan dari aturan tersebut.
Adapun pemakaian baju adat di hari kapan, pejabat lulusan Universitas Brawijaya Malang itu, juga belum dapat memastikan secara pasti, sebab harus dibahas lebih.

“Kalau untuk Permendikbudnya sudah kita sampaikan ke seluruh sekolah, tetapi penerapan seragam khas dan adat belum kita terapkan,” tegasnya.(hin/dil)