Camilan Tanah Liat “Ampo” di Tuban yang Masih Lestari Hingga Kini

48
foto: Rasimah saat membuat Ampo di rumah produksin miliknya

kabartuban.com – Kabupaten Tuban terkenal tidak hanya dari wisatanya saja melainkan tradisi yang ada serta makanan khas nan unik. Seperti halnya makanan zaman dulu yang dikenal dengan nama “Ampo”.

Menilik produksi Ampo yang ada di Dusun Trowulan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang di produksi oleh Sarpik beserta ibunya Rasimah di rumahnya.

Rupanya usaha tersebut sudah dilakoni turun temurun dan berlanjut hingga sekarang sebagai mata pencaharian.

“Sudah lama buat ampo ini karena ikut ibu ke pasar karena kan melihat ibu juga Ampo ini dimakan dan dapat uang juga,” ujar Rasimah kepada kabartuban.com, Sabtu (11/12/2022).

Menurutnya selain produksi sendiri ia juga dibantu oleh anaknya untuk membuat jajanan yang mirip dengan cokelat tersebut.

foto: Ampo yang dikeringkan

1 kilogram makanan tradisional ini dihargai sebesar Rp 10.000 dengan dipasarkan ke pasar tradisional yang ada di Tuban, serta jika ada pemesan yang biasanya digunakan sebagai bahan sesajen.

Baca Juga:

Berjiwa Besar, Pasutri di Tuban Rawat 2 Anak dan 1 Cucu Pengidap Gangguan Jiwa

Imigrasi Ungkap Jumlah Kedatangan WNA di RI Naik di Tengah Isu KUHP Baru

Diduga Jual Pupuk Subsidi Melebihi HET, Pemilik Kios di Tuban Diamankan Polisi

Kendati demikian, dalam pengolahan Ampo ini tidak sembarangan menggunakan tanah sebagai bahan utama, melainkan harus tanah liat hitam yang diambil sangat dalam.

“Kalau Ampo ini kan ambilnya dari tanah liat yang ada di sawah, tapi yang paling dalam dan warnanya hitam. Saya dan ibu ambilnya di sawah yang kami sewa dan bayar tiap tahunnya,” ujar Sarpik.

Menurut Sarpik hadirnya Ampo ini dikarenakan pada zaman kolonial Belanda banyak masyarakat yang kesusahan karena hidup dalam garis kemiskinan dan kesulitan pangan serta masalah kelaparan.

Dulunya camilan ini sendiri juga sebagai pengganti rokok dan konon mengandung dapat menurunkan panas dalam, menghilangkan gata-gatal dan dapat menyerap racun dari dalam tubuh. (hin/dil)