Disnakerin Tuban Fasilitasi Puluhan IKM Sertifikasi Halal dan Merek

18
foto: Kepala Disnakerin Tuban (Sugeng purnomo)

kabartuban.com – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Tuban memberikan fasilitas untuk Industri Kecil Menengah (IKM) dengan membuka kuota guna Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Merek Gratis.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kepala Disnakerin Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan jika program tersebut memang diperuntukkan kepada IKM dengan membuka kuota sebanyak 30 orang/ usaha.

“Tujuannya agar pelaku IKM di bawah binaan Disnaker dapat lebih maju serta berkembang,” terangnya, Jumat (20/01/2023).

Adapun untuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh IKM yang ingin mendaftar layanan tersebut agar dapat lolos seleksi adalah seperti mengajukan Sertifikasi Halal harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga Nomor telepon.

Baca Juga:  Angka Dispensasi Nikah Tinggi, BKKBN Sebut Pendidikan Seks Indonesia Sangat Lemah

Guna Cegah Bentrok Antar Perguruan Silat, Polres Tuban Undang Pengurus Silat se Kabupaten

Sugeng sapaan akrabnya mengungkapkan jika program tersebut bukan pertama kalinya digelar oleh Disnakerin Tuban, pasalnya program ini diharapkan dapat hadir membantu pelaku IKM dalam mengembangkan produknya.

“Untuk sertifikasi merek kita membiayai sebesar Rp500 ribu, kalau yang halal itu Rp230 ribu. Sebenarnya bisa daftar sendiri tapi tidak bisa gratis. Namun jika mereka dapat rekomendasi sebenarnya sama berbayar tapi kalau tidak ada harus bayar Rp1,8 juta rupiah untuk merek dan yang halal Rp650 ribu rupiah,” jelasnya.

Sekedar informasi program Sertifikasi Halal dan Merek Gratis ini diadakan mulai 16 Januari hingga berakhir – 01 Februari 2023. Pihaknya berharap agar IKM khususnya di Kabupaten Tuban dapat lebih maju dan semakin berkembang. (hin/dil)