Gandeng Dinas Pendidikan, Kejari Tuban Buat Program Jaksa Masuk Sekolah

100
foto: Program Kejari Tuban "Jaksa Masuk Sekolah" (dok. kejari Tuban )

kabartuban.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban melakukan kegiatan penyuluhan penerangan Hukum dengan diberi nama “ Jaksa Masuk Sekolah”. Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 100 siswa dari beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Tuban Kota dan dilaksanakan di Aula Sekolah Dasar Negeri 1 Kebonsari, Selasa (24/01/2023).

Tampak hadir pula dalam penyuluhan kepada anak-anak mengenai Jaksa Masuk Sekolah Kasi Pidum Kejari Tuban, Didik Kurniawan Widyanto, Plt Dinas Pendidikan Tuban, Joko Sarwono, Kabid SD Dinas Pendidikan Tuban, Ismail, Koordinator Dinas Pendidikan Kecamatan Tuban, Juwadi serta para guru SD.

Dalam sambutannya Joko Sarwono mengucapkan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Tuban sebab memberikan penyuluhan dan menenrangkan di hukum di SDN Kebonsari dan membantu memberikan penerangan kepada anak-anak sejak dini.

“Merupakan kehormatan dan kesempatan yang luar biasa bagi para peserta didik untuk belajar tentang masalah hukum,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum kepada para siswa ini mereka dapat mengenal masalah hukum dan menjauhi hukuman.

Baca Juga:

Kecelakaan Beruntun, Dua Kendaraan dan Rumah Warga Hancur

Untuk diketahui bahwa kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SDN Kebonsari 1 ini juga diikuti gabungan dari siswa diantaranya dari SDN Kebonsari 2, Kebonsari 3, Sidorejo 1, Sidorejo 2, Sidorejo 3, Baturetno 1, Baturetno 2, Sendangharjo 3, Sendangharjo 1, Sukolilo 1, Sukolilo 2, Sidomulyo 1, Kutorejo 1, Kutorejo.

Sementara itu Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Tuban, Didik Kurniawan menegaskan jika program yang tengah dilakukan ini merupakan salah satu tupoksi kejaksaan dalam rangka memberikan edukasi tentang hukum sebagai langkah preventif timbulnya pelanggaran hukum.

“Disamping itu juga diperkenalkan kepada adik-adik siswa tentang profesi Jaksa dan tupoksi Kejaksaan. Para Guru maupun siswa tidak perlu takut untuk berkonsultasi atau sharing terkait hukum. Diharapkan para siswa khususnya yang mengikuti kegiatan Jaksa Masuk Sekolah dapat mengenal dan mengetahui hukum,” paparnya.

Kegiatan ini pun akan terus dilakukan sebagai bentuk sinergi antara kejaksaan bersama Dinas Pendidikan Tuban. Selanjutnya akan diadakan kepada sekolah-sekolah lain yang ada di Tuban dalam rangka meningkatkan sinergi antara Kejari Tuban dengan Dinas Pendidikan Tuban.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan penerangan hukum Jaksa masuk sekolah ini dalam rangka mencegah maraknya kenakalan remaja, sekaligus untuk memberikan penerangan hukum kepada siswa dan siswi.

Hal ini disebabkan karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus diselamatkan dengan memberikan pemahaman tentang arti pentingnya nilai-nilai kesadaran hukum. Dimana kita melihat semakin banyak fenomena pelanggaran hukum yang membuat kita khawatir dengan masa depan anak bangsa, terutama mereka yang masih usia pelajar terlibat dalam gang motor, pelanggaran lalu lintas, tawuran, menyalahgunakan narkoba serta pelanggaran hukum lainnya. (hin/dil)