Guna Dukung Perkembangan UMKM Dan Ekraf, Bupati Tuban Serahkan Bantuan Tenda Kerucut

21
foto: Bupati Tuban (tenggah) memberi bantuan tenda kuning untuk umkm tuban (dok. redaksi)

kabartuban.com – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyerahkan tenda kerucut kepada Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban yang bertempat di Pendapa Kridha Manunggal. Penyerahan tenda tersebut guna mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM yang berada disana, Minggu (15/01/2023)

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya dan Camat Jatirogo, Deny Susilo Hartono.

Kepala Diskopumdag Tuban, Agus Wijaya mengungkapkan penyerahan bantuan tenda kerucut merupakan wujud kolaborasi antara Pemkab tuban dan ExxonMobil. Bantuan tenda ini untuk mengakomodir permohonan pengurus Karang Taruna Jatirogo dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif.

“Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Lindra agar berkolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga:

Satpol PP dan Damkar Tuban Larang PKL Jualan di Trotoar

Harga Kedelai Naik, Beri Imbas Kenaikan Harga Tempe di Tuban

Lebih lanjut, pihaknya menerima tenda kerucut sebanyak 45 unit pada tahun 2022. Rencananya, pada tahun 2023 jumlah yang diterima meningkat menjadi 55 unit.

“Total bantuan tenda dari ExxonMobil sebanyak 100 unit,” jelasnya.

Nantinya bantuan tersebut akan disalurkan ke kecamatan lain berdasarkan penilaian dari Diskopumdag Tuban.

Agus Wijaya berpesan bantuan tenda harus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Utamanya untuk pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM masyarakat yang bertujuan mendukung pertumbuhan perekonomian di masyarakat.

“Pengurus Karang Karuna harus memanfaatkannya dengan bijak,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan Karang Taruna Jatirogo, Arya Duta Wisnu Dewangga berterima kasih atas bantuan 10 unit tenda kerucut. Menurutnya, adanya tenda kerucut sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kecamatan Jatirogo.

“Tenda tersebut akan kami gunakan pada sejumlah event yang akan kami gelar mendatang,” ujarnya.Arya Duta mengatakan Kartar Jatirogo akan bekerja sama dengan paguyuban UMKM Jatirogo untuk pengelolaan tenda. Tujuannya, agar seluruh pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dapat merasakan manfaat yang sama dari bantuan tersebut.

“Kami berkomitmen menjaganya dan mengelolanya sebaik mungkin,” tandasnya. (hin/dil)