Hibur Pengunjung dan Pasien, RSNU Tuban Sediakan Panggung Mini untuk Karawitan

36
foto: kegiatan karawitan di rsnu tuban

kabartuban.com – Panggung mini berisi seperangkat alat kesenian karawitan menghiasi salah satu sudut ruangan hijau yang berada di Rumah Sakit Nahdlatul ‘Ulama (RSNU) Kabupaten Tuban. Berasal dari panggung itulah, grup karawitan menghibur pasien yang tengah menjalani perawatan serta pengunjung yang menjenguk pasien.

Sesuai dengan slogan dari Rumah Sakit RSNU yaitu “The Traditional Green Hospital” sehingga terbentuklah awal grup karawitan yang tampil setiap hari Senin-Jumat tepatnya pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

“Kita itu tradisionalnya ada Karawitan, terus ada suguhan jamu setiap hari di RSNU sedangkan untuk Green sendiri kita mengembangkan apa-apa yang ada disini, contohnya banyak tanaman sehingga situasinya rindang dan sejuk,” ucap Niam, salah pemain dari Grup Karawitan RSNU, Sabtu (24/12/2022).

Hal tersebut menjadi salah satu keunikan dari RSNU Tuban, sebab dari berbagai rumah sakit yang ada di Tuban, hanya RSNU yang memberikan hiburan berupa kesenian karawitan tersebut.

Adapun personil dari kesenian karawitan sebanyak 6 (enam) dengan masing-masing memegang alat Kendang, Gong, Bonang, Demung, Saron dan vokalis yang membawakan lagu yang telah mereka siapkan.

Tabuhan alat musik yang tidak terlalu keras, serta pembawaan lagu yang disuarakan oleh vokalis rupanya banyak yang terhibur dan menikmati. Bahkan kedapatan pula sesekali pengunjung mengabadikan momen tersebut melalui kamera handphone mereka.

Menurut Niam kesulitan dari memainkan alat musik yang ia pegang yaitu Gong adalah jika belum pernah mengetahui lagu yang akan dibawakan.

Senada dengan itu, Putri selaku Vokalis dari Grup Karawitan juga mengaku jika belum pernah mengetahui lagunya pihaknya merasa sedikit kesulitan.

“Kalau belum tahu lagunya gitu pasti akan belajar dulu apalagi bowo-bowonya juga, kalau nyiden juga udah dari SMP,” tuturnya.

Kendati demikian, keberadaan grup karawitan ini juga membawa kebahagian pada banyak orang seperti ketika jenuh dengan pekerjaan bisa melihat serta mendengarkan alunan musik yang dibawakan. Tak hanya itu bagi pengunjung yang ingin bernyanyi bersama dengan vokalis pun dipersilahkan.

Baca Juga:

RSNU Tuban Rutin Gelar Kegiatan Donor Darah untuk Karyawan serta Masyarakat Umum

Stop! Korek Telinga Sebabkan Pembengkakan Gendang Telinga, Berikut Penjelasan Dokter Spesialis THT RSNU Tuban

Klinik Mata RSNU Tuban Siapkan Layanan Terbaik

Baik Niam maupun Putri berharap grup karawitan RSNU tetap bisa Istiqomah menyuguhkan hiburan kepada pasien maupun pengunjung serta mampu memberikan tontonan yang menarik juga terbaik.

“Kita lebih berkembang dan lebih banyak belajar lagi mengenai karawitan dan itinya kita mempertahankan ikonik dari RSNU ,” lanjutnya.

Sementara itu, Sarmina yang merupakan salah satu keluaraga pasien yang menemani keluarganya yang sedang dirawat di RSNU mengatakan bahwa dengan adanya karawitan ini diakui sangat menghibur pengunjung yang datang. (hin/dil)

“Dari kemarin di kamar terus menunggu saudara, nah karena dengar ada musik gamelan saya lihat dan ini saya abadikan juga karena bagus. Sangat menghibur juga jadi pengunjung tidak jenuh,” ucap warga Merakurak ini. (hin/dil)