Inflasi Hingga Kesulitan Cari Pupuk Hantui Semua Negara, Jokowi: Jangan Salah Ambil Kebijakan!

8
foto : Jokowi

kabartuban.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2022 mengatakan bahwa kondisi saat ini merupakan kondisi yag tidak mudah. Dia mengatakan, kondisi yang sulit ini dirasakan oleh semua negara, Rabu (30/11/2022).

“Kita harus memiliki perasaan yang sama, dan memiliki sense yang sama, dan sepakat bahwa situasi saat ini betul-betul situasi yang tidak mudah,” jelas orang nomor satu di Indonesia ini.

Lanjut Jokowi menegaskan, jika situasi yang sangat sulit ini dialami oleh semua negara. Termasuk negara besar dan negara maju yang sama-sama berada di posisi yang sama.

“Negara besar, negara maju, semaju apapun sekarang ini semuanya pada posisi pada posisi sangat-sangat-sangat sulit,” tegasnya.

Jokowi mengatakan, berbagai persoalan menghantui banyak negara. Persoalan itu, dari masalah urusan inflasi hingga kesulitan mencari pupuk.

“Urusan inflasi, urusan pertumbuhan ekonomi yang anjlok, urusan krisis energi, urusan krisis pangan, yang diikuti dengan sulitnya mencari pupuk, krisis finansial, semuanya menghantui semua negara,” jelasnya.

Baca Juga:  Puluhan Tukang Becak di Tuban Semangat Ikuti Aksi Tunjuk Ketangkasan

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengingatkan semua pihak agar berhati-hati. Ia juga mengingatkan agar jangan salah mengambil kebijakan karena risiko bersar.

“Begitu salah risikonya gede sekali, karena situasinya betul-betul situasi tidak normal, baik kebijakan fiskal maupun kebijakan moneter, hati-hati,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi menuturkan, kunci untuk keluar dari masalah ini ialah bekerja lebih keras lagi.

“Kuncinya, kita harus kerja lebih keras lagi, tidak bisa kita kerja normal-normal dalam keadaan yang tidak normal, nggak bisa,” jelasnya. (dil)