Penyerahan Kaporlap Kepada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban: Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri

41
foto; Wakapolres saat serahkan perlengkapan perorangan lapangan kepada anggotanya.

kabartuban.com – Wakil Kepala Kepolisian Resor Tuban Kompol Palma Fitria Fahlevi, S.IP., S.I.K., M.I.K., pimpin apel Bhabinkamtibmas serta penyerahan perlengkapan perorangan lapangan (Kaporlap) Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tuban, Polda Jawa timur.

Penyerahan perlengkapan sebanyak 176 set ransel yang berisi jaket, rompi serta jas hujan tersebut dilaksanakan di halaman belakang Mapolres Tuban yang dihadiri oleh para pejabat utama, Kapolsek serta Bhabinkamtibmas jajaran, Senin (06/12).

Melalui amanat Kapolres Tuban yang dibacakan Wakapolres menyampaikan bahwa kegiatan apel tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas saat bertugas di desa binaannya.

“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian yang berdekatan langsung dengan masyarakat, oleh sebab itu tunjukkan kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” seru Palma kepada para Bhabinkamtibmas lewat siaran persnya.

Sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, peran Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan serta posisinya dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan kondusif menjadi poin penting untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga:

“Oleh sebab itu tanggung jawab melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat merupakan tugas para Bhabinkamtibmas di desa binaan masing-masing,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Palma, Bhabinkamtibmas juga dikedepankan dalam mendukung kegiatan vaksinasi, penyaluran bantuan sosial, pemantauan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan maupun kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bhabinkamtibmas harus bisa melaksanakan tugas dengan baik karena membawa nama baik institusi.

“Di tengah cobaan saat ini, Bhabinkamtibmas memiliki peran yang sangat penting di dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri. Apabila kita laksanakan dengan ikhlas pelaksanaan tugas akan terasa ringan,” tutur Palma.

Pemberian Kaporlap tersebut merupakan wujud perhatian pimpinan Polri kepada Bhabinkamtibmas guna mendukung tugas di lapangan. Terkait barang perlengkapan iventaris yang diserahkan pada personel, Wakapolres meminta agar bisa dirawat dan dijaga serta digunakan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:

“Apa yang sudah diberikan oleh kesatuan kepada kita, maka kita wajib menjaga dan merawat dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Usai apel penyerahan Kaporlap, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan inventaris Bhabinkamtibmas oleh Wakapolres didampingi para pejabat utama dan Kapolsek jajaran. (nat)