Permainan Lato-lato Zaman Dahulu Kembali Ngehits di Kalangan Anak-anak

1709
foto: permainan lato-lato yang kembalu hits di kalangan anak-anka sekarang ini (dok. internet)

kabartuban.com – Dulu, jauh sebelum ada aplikasi sosial media TikTok dan handphone, mainan tradisional ini sudah terkenal dan kerap dimainkan anak-anak pada zamannya.

Mainan ini dikenal dengan nama lato-lato. Permainan dua buah bola terbuat dari bahan plastik padat yang cukup berat, tertanam tali dikedua bola tersebut dan tali tersebut menghubungkan keduanya.

Bagi kamu anak kelahiran 80an – 90an pastinya sudah mengerti dan kenal dengan permainan lato-lato ini karena memang sudah sangat populer. Namun bagi generasi yang lahir tahun 2000an pasti sangat asing dengan permainan ini.

Memang melihat cara bermain lato-lato pada video yang tren di TikTok sangatlah mudah. Namun kenyataanya kamu pasti merasa kesulitan di awal ketika menyeimbangkan bola.

Dengan cara mengayunkan perlahan, kedua bola akan berbenturan, menimbulkan bunyi khas tik tok tik tok sebab kedua permukaan bola padat tersebut beradu, perlahan permainan aduan dan pantulan bola ini bisa divariasikan dengan berbagai gerakan, memutar, menambah kecepatan, dan lain-lain.

Nah, saat kita memainkan dengan kecepatan tinggi, tak jarang bola terlepas dari pegangan tangan kita dan dapat membentur ke bagian tangan atau bagian tubuh lain, misanya kepala atau mata.

Baca Juga:

MPU Diperbolehkan Angkut Peziarah, Ini Aturan Terbaru

Aturan Terbaru Parkir Wisata Sunan Bonang, Ketua Paguyuban Becak: Ini Solusi Terbaik

Tahapan Verfak Pemilu 2024 Selesai, KPU Tuban Buka Rekrutmen Badan Ad Hoc PPK dan PPS

Mengingat bola berbahan padat dan keras tentunya akan membuat sakit hingga cedera saat terkena bola mainan tersebut.

Bola mainan ini juga bisa saja terlepas dan terlempar hingga mengenakan dan memecahkan benda lainnya seperti kaca meja atau keramik.

Jadi, para orang tua, kawula muda, dan anak-anak harus ekstra berhati-hati memainkan lato-lato atau yang dikenal saat ini dengan nama Bola TikTok agar tidak mengakibatkan cedera.

Dikutip dari arasynews.com berikut cara Main lato-lato:

  1. Pertama, kamu bisa siapkan permainan lato-lato kamu. Permainan satu ini dapat kamu temukan dengan mudah di toko offline, toko online maupun di pasar tradisional.
  2. Kedua, cara memainkan lato yang benar yaitu dengan cara memegang di titik tengah dari tali.
  3. Ketiga, untuk dapat memulai permainannya kamu bisa lakukan dengan cara mengayunkan tangan kamu secara perlahan. Pastikan ayunan yang kamu lakukan membuat bola saling beradu.
  4. Keempat, seimbangkan ayunan bola yang sedang beradu dengan konstan. Jika sudah percaya diri dan lihai kamu bisa menambah kecepatan ayunan semakin cepat.
  5. Kelima, ayunkan bola dengan cara ke atas dan ke bawah dan buatlah bola beradu dengan cepat.
  6. Keenam, jaga keseimbangan bola dan selalu fokus pada permainan. Siapa yang paling lama mempertahankan ayunan dan bola yang beradu maka dialah pemenangnya.
  7. Ketujuh, selamat mencoba dan jangan pantang menyerah untuk memainkannya sampai mahir.

Begitulah caranya bermain lato-lato yang sedang viral di TikTok. Kamu bisa mencoba di rumah dengan teman-temanmu dan selalu hati-hati dalam memainkannya. (nat/dil)