Puluhan Tukang Becak di Tuban Semangat Ikuti Aksi Tunjuk Ketangkasan

33
Aksi ketangkasan becak di Alun-alun Tuban

kabartuban.com – Puluhan abang becak yang tergabung dari becak atas (Parkiran Wisata Sunan Bonang) dan becak bawah semangat menunjukkan aksinya dalam lomba ketangkasan becak yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLH-Hub) Kabupaten Tuban dalam rangka semarak Hari Jadi ke 729 Kota Tuban, Selasa (28/11/2022).

Acara yang dilaksanakan di Alun-Alun Tuban tersebut sontak mencuri perhatian penonton yang hadir untuk melihat beragam aksi yang ditunjukan oleh tukang becak yang sedang berkompetisi tersebut, mulai dari memiringkan becak serta berjalan di area perlintasan dengan percaya diri menggunakan dua rodanya.

Antusiasme para penonton saat melihat aksi abang becak

Kasi Angkutan dan Keselamatan Jalan dan Pengelolaan Pelayaran, Luqman Amrullah menyebutkan jika acara sore hari itu dilakukan aksi ketangkasan becak dan nanti malam dilanjutkan dengan aksi fashion show becak-becak yang telah mereka hias.

“Untuk ketangkasan becak ini kita mengambil skill bahwa dalam menjalankan becaknya menggunakan roda dua, sebab selama ini mereka menggunakan roda tiga,” ungkapnya kepada reporter media ini.

Kompetisi ini pun dilakukan tidak cuma-cuma, pasalnya Dinas Lingkungah Hidup dan Perhubungan (DLH-Hub) Kabupaten Tuban telah menyiapkan banyak hadiah bagi para pemenang lomba. Salah satunya adalah satu ekor kambing dan juga uang tunai sebesar Rp1.500.000.

Lomba ketangkasan ini digagas bukan tanpa tujuan, selain untuk memeriahkan Hari Jadi Tuban ke-729, juga diharapkan para tukang becak dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama bekerja.

“Harapan kami dengan diadakannya lomba ketangkasan ini dari abang-abang becak atas dan bawah untuk bisa mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku,” harapnya.

Abang becak saat menunjukkan aksinya

Sementara itu salah satu peserta lomba ketangkasan becak, Arif Mustofa menjelaskan kesulitan dari lomba tersebut sebab ada beberapa peserta lomba yang jatuh saat melakukan aksinya namun hal itu tak menjadi masalah.

“Kalau bagi saya sendiri nggak ada kesulitan, cuma bagi peserta lain mungkin grogi karena biasanya bisa,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya acara tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mampu memberikan sosialisasi kepada tukang becak akan pentingnya menjaga keselamatan terutama saat di traffic light. (hin/dil)