Puncak Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2023 Diprediksi Terjadi Malam Ini

23
Ilustrasi mudik natal dan tahun baru/ Sumber: Internet

kabartuban.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik terkait libur Natal dan Tahun Baru terjadi pada malam ini, Sabtu (24/12/2022).

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai antisipasi jika terjadi kemacetan arus lalu lintas.

“Sesuai prediksi yang kita lakukan berdasarkan beberapa masukan dari stakholder, puncak arusnya dari tanggal 23 sampai 24 Desember,” ungkap Aan kepada awak media

Kendati demikian, kata Aan, mobilitas kendaraan pada arus mudik tersebut sejauh ini belum terlihat.

“Tadi malam, sampai dini hari tidak terjadi bangkitan (peningkatan) yang signifikan. Mungkin hari ini, kami tetap akan mengantisipasi,” ucap dia.

Aan menyatakan, Korlantas bakal mengantisipasi arus kendaraan yang akan bergerak ke arah timur maupun barat, termasuk ke tempat wisata di Puncak, Bogor, misalnya.

Baca Juga: Usai Edarkan Sabu ke Salah Satu Pemuda, Polisi di Jawa Timur Ditangkap

“Mudah-mudahan puncak arus ini tidak signifikan. Karena kalau kita lihat data sejak kemarin. Libur anak-anak sekolah ada sudah peningkatan arus, mudah-mudahan sudah terbagi untuk keberangkatannya,” kata Aan.

Di sisi lain, Korlantas Polri juga telah memprediksi puncak arus balik momen libur dan perayaan Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada 1 Januari 2023.

Baca Juga: Tahun Baru Toyota Baru Auto 2000 Tuban

Menurut Aan, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai antisipasi bentuk kemacetan arus lalu lintas melalui operasi lilin.

“Nanti kita antisipasi untuk kembalinya, kemungkinan serentak untuk tanggal 1 Januari,” tutupnya. (mel/nat)