Sayur Klentang Tuban Jadi Menu Refrensi Makan Siang

16
Sayur Klentang Tuban Jadi Menu Refrensi Makan Siang

kabartuban.com – Warga Tuban sepertinya sudah tidak asing lagi mendengar nama “Klentang”, ia merupakan buah dari pohon kelor yang dalam bahasa latinnya bernama Moringa oleifera. Pohon ini memiliki ciri-ciri dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang dan tahan terhadap kondisi panas yang ekstrim.

Tanaman ini juga memiliki reputasi yang baik sebagai tanaman penghijauan penahan longsor dan tinggi dari pohon kelor adalah antara 7 hingga 11 meter, cukup tinggi memang.

Dalam satu buah klentang banyak mengandung nutrisi. Di antara yang perlu kamu ketahui misalnya vitamin A, C, dan E serta mineral seperti kalsium, protein dan kalium, yang merupakan sumber makronutrien penting untuk tubuh.

Selain itu buah yang memiliki bentuk memanjang dan berkulit agak keras ini juga diyakini dapat menyembuhkan asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Pohon ini banyak tumbuh di Tuban. Biasanya warga Tuban menggunakannya untuk tanaman pagar serta daunnya biasa digunakan sebagai sayur dan dikenal dengan nama sayur menir yang terbuat dari daun kelor dan jagung yang dihaluskan.

Klentang yang masih mentah bisa kalian dapatkan di seluruh pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tuban. Umumnya warga Tuban sering mengolah Klentang untuk dijadikan sayur dengan ditambahkan bersama papaya muda dan timun, tidak lupa ditambahkan dengan belimbing wuluh yang segar untuk rasa yang lebih luar biasa.

Teksturnya dari Klentang sendiri begitu itu khas karena lembut dan biji mudanya berasa renyah. Jika warga Tuban cenderung menyukai pedas karena terdapat perpaduan yang menyegarkan dimana ada rasa asam dan pedas dari kuahnya.

Penulis: Ali (22313080) – Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Angkatan 2022, Fakultas Hukum, Universitas Sunan Bonang