Stop! Korek Telinga Sebabkan Pembengkakan Gendang Telinga, Berikut Penjelasan Dokter Spesialis THT RSNU Tuban

63
dr. Willy Silyen, Sp.THT-KL adalah seorang Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Kepala Leher (THT-KL) di RSNU Tuban

kabartuban.com – Rupanya penggunaan Cotton Bud atau yang biasa kita lihat sebagai tongkat mini dengan ujung kapas padat ini dianggap ampuh membersihkan kotoran telinga sampai bersih. Akan tetapi malah sebaliknya, sebab membersihkan telinga menggunakan Cotton Bud malah membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam.

Seperti yang sering ditangani oleh Klinik Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) Rumah Sakit Nahdlatul ‘Ulama (RSNU) Tuban yang langsung ditangani oleh dokter spesialis THT, Willy Silyen, dr. Sp. THT – KL.

“Bisa dibilang cukup banyak, mulai semenjak saya lulus spesialis dan masuk Tuban yang saya edukasi ke masyarakat adalah kebiasaan membersihkan telinga,” ungkap dokter ramah ini kepada reporter media kabartuban.com, Kamis (1/12/2022).

Bahkan melalui survei yang ia lakukan menunjukkan jika seringnya adalah pembengkakan telinga yang disebabkan karena sering melakukan korek-korek telinga.

“Yang paling sering saya ingatkan adalah satu-satunya cara supaya telinga kita sehat adalah biarkan dia. Ketika kita biarkan dia maka telinga itu akan dalam kondisi yang normal,” himbaunya.

Lanjutnya menjelaskan, di dalam telinga sendiri atau yang biasa kita anggap sebagai ‘kotoran telinga’ adalah bukan merupakan kotoran. Sebab ia bernama Serumen atau sebagai antibodi pada telinga.

“Jadi dia diciptakan bukan buat mengotori telinga tapi justru buat jaga telinga. Saya selalu bilang ke mereka untuk jaga dia, sayangi dia karena ketika kita biarkan dia tetap ada maka telinga kita sehat, namun jika itu kita buang maka masalah sudah dimulai sejak kita kehilangan serumen itu,” tegasnya.

Adapun berbagai tindakan yang ada di Klinik THT RSNU Tuban ialah mulai dari Audiometri yaitu pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai kemampuan pendengaran. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi tuli yang terjadi pada telinga.

Selanjutnya Oesophagoscopy dimana prosedur ini, dokter akan memasukkan selang fleksibel dengan ujung berkamera ke dalam mulut, lalu diarahkan ke kerongkongan untuk menilai gangguan pada tenggorokan, misalnya kondisi sulit menelan.

Selain itu, juga terdapat layanan tindakan operasi Sinus dengan endoskopi. Pada prosedur ini, dokter akan memasukkan selang teropong kecil ke dalam saluran hidung untuk mendiagnosis dan mengobati sinus.

Selanjutnya, terdapat layanan operasi tumor di leher yang dimiliki oleh Klinik THT RSNU Tuban. Dalam layanan ini Dokter spesialis THT juga bertugas melakukan operasi untuk menghilangkan benjolan atau tumor yang berada di area leher dan kepala. Serta masih banyak layanan lain yang bisa pasien akses sesuai dengan kebutuhan.

Dalam memberikan pelayanannya yang maksimal, Klinik THT RSNU Tuban memberikan pelayanan kepada pasien umum, BPJS, KIS, Jamkesmas, asuransi, dan perusahaan yang sudah bekerjasama. Hal ini sebagai wujud pelayanan yang diberikan RSNU Tuban untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua pasiennya. (hin/dil)