Tingkatkan Kompetensi Pemuda Sekitar Perusahaan, Semen Indonesia Berikan Pelatihan Scaffolding

9
Peserta pelatihan scaffolding melakukan praktek merangkai alat perancah.

kabartuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitar wilayah perusahaan, terutama pada usia produktif. Kali ini kegiatan yang dilakukan perusahaan semen milik negara ini berupa pelatihan teknisi Scaffolding. untuk meningkatkan SDM melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),

Dalam kegiatan yang bertajuk “Peningkatan Kompetensi Pemuda Sekitar Perusahaan Melalui Pelatihan Teknisi Scaffolding” itu para peserta diberikan teori dan praktek agar memiliki skill dalam bidang merangkai perancah atau Scaffolding. Pelaksanaannya selama 4 hari mulai tanggal 11 hingga 14 November 2019 yang diikuti oleh 24 pemuda desa berasal dari desa sekitar Pabrik Tuban.

Menurut Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo, tujuan diselenggarakannya pelatihan scaffolding ini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia di sekitar perusahaan agar memiliki keahlian khusus dan siap kerja. Hal ini mempertimbangkan bahwa industri-industri besar mulai tumbuh di Kabupaten Tuban.

Keahlian teknis dalam bidang ini kini sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau proyek berskala lokal maupun nasional, apabila tenaga kerja lokal memiliki keahlian, tentunya tidak akan kalah dalam berkompetisi dengan tenaga kerja dari luar daerah. Ditambah lagi, mereka (peserta) diberikan sertifikat untuk membuktikan keahliannya, lanjutnya.

“Sertifikat pun tidak serta merta diberikan, namun peserta terlebih dulu harus lolos dalam mengikuti ujian untuk meraih sertifikat yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur. Semoga dengan bekal ilmu yang kami berikan, para peserta mampu mengaplikasikan keahliannya saat bekeja di berbagai sektor usaha industri dan proyek-proyek strategis,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Setiawan mengatakan, dengan pelatihan scaffolding ini diharapkan para pemuda usia produktif yang tergabung menjadi peserta pelatihan, akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan baik di wilayah Kabupaten Tuban, maupun di luar daerah. Dan otomatis akan meningkatkan taraf hidup keluarganya menjadi lebih sejahtera dari sebelumnya. “Ini juga untuk menunjang program pemerintah dalam hal menciptakan SDM Unggul, Indonesia Maju,” pungkasnya. (Dur)

/