551 Ekor Koi Dilombakan di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

641
Salah satu juri saat melakukan penilaian pada Tuban Koi Show 2019 di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

kabartuban.com – Kontes Ikan Koi tingkat nasional di selenggarakan di Kabupaten Tuban 2019. Perhelatan kali pertama di Bumi Wali ini di ikuti hampir seluruh pecinta maupun pembudidaya seluruh Indonesia, Sabtu (10/8/2019).

Sebanyak 551 ekor Ikan Koi dilombakan dengan harapan bisa memberikan dampak positif bagi pembudidayaan Ikan Koi di Tuban. Baik secara peningkatan nilai ekonomi maupun jalinan silaturahmi.

Ketua Panitia Tuban Koi Show 2019, Zainal Arifin menuturkan, dari 551 ekor ikan koi yang ikut kontes dibagi menjadi beberapa size, yakni ukuran pembagian mulai 15 cm, 20 cm ,25 cm, 30 cm, 35 cm, 40 cm, 45 cm ,50 cm dan 55 cm.

Kemudian kriteria penilaian dalam perlomban ini ada empat, bentuk tubuh porprosional, tidak gemuk maupun kurus, kesehatan, warnanya cerah dan pola.

Hadiah uang pembinaan, dalam perlombaan ini jutaan rupiah. Sedangkan peserta paling jauh dari Banda Aceh, Kalimantan, Bali dan lain sebagainya.

“Seperti penilaian warna , kalau merah ya merah menyala, kalu hitam ya hitam pekat,” kata Zainal Arifin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban, Dr.H Amenan., MT menyambut baik kontes Ikan Koi ini. Karena memberikan dampak yang banyak bagi pembudidaya yang ada di Tuban. Selain nilai ekonomis juga memberikan pembelajaran bagi pembudidaya.

“Ya kami sangat mensuport kegiatan ini,” tambahnya.

Di tempat yang sama, salah satu peserta Syahrial Musthofa (22) asal Kabupaten Tulungagung menuturkan, sudah beberapa kali ikut perlombaan, selain memberikan wadah bagi pembudidaya Ikan Koi untuk bisa eksis dalam mengembangkan bisnis yang lumayan menjanjikana ini.

“Ini ikut empat kategori, semoga bisa menang,” sambung pemuda yang juga penghobi dan pengepul.

Tuban Koi Show 2019 diselenggarakan selama dua hari, sejak 9-10 Agustus 2019 di komplek Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Direncanakan perlombaan ini akan digelar rutin setiap tahunnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE