Banjir ROB Rusak Rumah Warga

kabartuban.com – Banjir Rob akibat gelombang tinggi yang terjadi di pantai utara Tuban mengakibatkan rumah warga rusak. Banjir tersebut menimpa rumah salah satu warga Dusun Mamer, Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Selasa (7/07/2020).

Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto menjelaskan, banjir Rob terjadi akibat gelonbang tinggi pada sekitar pukul 07.00 WIB yang menyebabkan tembok rumah warga roboh.

“Setidaknya ada 3 rumah warga terdampak, 2 diantaranya mengalami rusak ringan dan 1 rumah milik Kasnaji (60) mengalami rusak sedang. Kemudian 9 rumah lainnya teracam,” jelasnya.

Pada media ini Yudi menambahkan, beberapa warga yang rumahnya terdampak akhirnya memutuskan untuk mengungsi di rumah keluarganya yang lebih aman. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan, TNI-AL, dan POLAIRUD untuk melakukan penanganan darurat dengan membuat penahan air menggunakan karung yang berisi pasir.

“Pihak kami juga memberikan bantuan logistik kepada pemilik rumah yang terdampak bencana banjir rob, untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana,” tambahnya.

Sementara itu, Intan warga setempat juga membenarkan peristiwa banjir Rob yang terjadi di desanya.

“Setahu saya banjir Rob seperti ini sering terjadi, kemungkinan akibat dulunya ada pengambilan pasir secara ilegal di daerah situ. Jadi semakin pasirnya diambil kan semakin maju ombaknya dan masyarakat baru menyadari itu dalam waktu dekat ini, sadar kalau akibatnya begitu. Saya menyarankan agar pihak pemerintah itu membangun telengseng (penahan ombak) untuk mencegah banjir rob,” jelasnya. (wid/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close