Bersepeda Saat New Normal, Berikut Asupan yang Harus Diperhatikan

kabartuban.com – Bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Menjelang New Normal, bersepeda bisa dijadikan opsi untuk melakukan olahraga kardio sekaligus dapat mengurangi depresi, stres dan kecemasan setelah sekian lama melakukan self quarantine.

Dilansir dalam laman Tempo, Olahraga berbasis kardio menuntut aliran energi yang konstan dan asupan kalori berperan penting. Berikut tips dari para pesepada untuk menjaga diet makro dan mikronutrisi yang seimbang, seperti dilansir dari Indian Express.

Karbohidrat untuk energi dan daya tahan
Karbohidrat memastikan aliran energi yang konstan dalam tubuh untuk daya tahan dan aktivitas yang intens sehingga menjadikannya sebagai nutrisi penting yang diperlukan untuk olahraga. Zat ini membantu seseorang membangun stamina yang dibutuhkan untuk mengayuh terus menerus. Seseorang perlu mendapatkan asupan karbohidrat dalam jumlah yang tepat sebelum bersepeda, kata Aman Puri, ahli gizi olahraga sekaligus pendiri Noida Cycling Club.

Diet tinggi protein
Setelah perjalanan yang berat, tubuh bisa kelelahan. Asupan protein yang tepat membantu memperbaiki otot, jaringan, dan protein pasca perjalanan. Protein juga diperlukan untuk membangun otot dan memperbaiki tubuh. Untuk pesepeda, protein komponen penting karena kegiatannya melibatkan banyak otot.

Lemak dan elektrolit
Lemak membantu menjaga keseimbangan keseluruhan tubuh selain menjaga tingkat trigliserida tubuh yang dilepaskan oleh tubuh sebagai asam lemak dan memicu pergerakan tubuh dan menyediakan energi untuk proses tubuh. Di sisi lain, asupan cairan yang tepat saat bersepeda diperlukan karena Anda cenderung kehilangan banyak elektrolit yang keluar melalui keringat saat bersepeda. Tubuh membutuhkan elektrolit yang cukup, karena itu cairan seperti air lemon dan sejumlah garam diperlukan untuk mengisi kembali nutrisi mikro tubuh, yang umumnya hilang selama latihan.

Setelah memperhatikan asupan apa saja yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saat bersepeda, pesepeda dapat dengan nyaman melakukan kegiatan bersepeda untuk mengurangi rasa bosan ketika di rumah saja saat masa pandemi Covid-19 ini. (dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close