Ikan Asap Jadi Primadona Pemudik Saat Melintasi Tuban

217

kabartuban.com – Bagi masyarakat yang pulang kampung dan melintasi Kabupaten Tuban, kurang enak rasanya kalau tak membawa oleh-oleh khas Bumi Wali, salah satunya yang menjadi primadona pemudik yakni ikan asap.

Olahan ikan yang dijajakan sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban ini diburu masyarakat pada saat momen lebaran.

Salah satunya Andik warga Bojonegoro kota, saat ditemui kabartuban.com dilokasi pembelian mengatakan, pihaknya datang ke tempat kelahiran Sunan Kalijaga ini, untuk kegiatam sarasehan Lanjut Usia (Lansia) Gereja Kristen Indonesia se Jawa Timur yang bertempat di Tuban. Setelah kegiatan usai, Andik ingin membawa buah tangan ikan asap untuk keluarga di rumah.

“Tadi kebetulan lewat mau pulang, terus cari oleh-oleh buat keluarga beli ikan dorang sama tongkol, trasi dan ikan asin,” kata Andik, Sabtu (1/6/2019).

Pembeli lainnya, Arif dari Jatinegara, Jakarta Timur saat dikonformasi mengatakan, tidak lengkap jika pulang kampung ke Tuban tidak membeli ikan asap, selain diberikan kepada sanak family, juga dibawa pada saat kembali ke rumah. Selain itu, harga yang dibandrol juga lumayan mahal, tetapi sebanding dengan rasanya.

“Ini saya suka ikan Tengiri p
Panggang, jadi beli itu,” tambah Arif.

Sementara itu salah satu penjual Nur Lina mengatakan, yang menjadi buruan para pengunjung yakni ikan Tengiri, Dorang dan Tongkol, harga yang ditawarkan mulai Rp25 ribu per ekornya dilihat berat persatuannya, hingga Rp 80 ribu.

“Ini yang laris diburu Ikan Pari sama Tengiri mas, yang beli rata-rata langung berikan uang Rp500 ribu minta berbagai macam ikan,” pungkas Lina. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE