Komisi IV Puji Pelayanan Maksimal Puskesmas Plumpang

4
Saat komisi IV DPRD Tuban, melakukan kunjungan ke Puskesmas Plumpang.

kabartuban.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban memuji pelayanan yang ada di Puskesmas Plumpang. Pasalnya, sampai saat ini pelayanan kesehatan disana telah berjalan secara baik bagi pasien dan masyarakat.

Catatan itu disampaikan Hj. Tri Astuti Ketua Komisi IV DPRD Tuban usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di UPTD Puskesmas Plumpang, Rabu, (9/10/2019). Kegiatan itu dilakukan untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas setempat.

“Dengan akreditasi utama, bukti Puskesmas Plumpang mampu memberikan pelayanan secara maksimal, dan ini harus dipertahankan dengan baik,” ungkap Hj Tri Astuti kepada wartawan ini, (10/10/2019).

Selain pelayanan, inovasi program di Puskesmas Plumpang telah berjalan dengan baik dan banyak memberikan kontribusi terhadap mutu layanan dasar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Puskesmas plumpang selain melayani rawat inap dan UGD 24 Jam juga memiliki inovasi program pasien struk dengan membentuk paguyuban yang anggotanya lebih dari 65 pasien struk,”terang Perempuan yang juga menjabat Ketua DPC Gerindra Tuban.

Ia menambahkan pihak Puskesmas Plumpang juga siap meningkatkan layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sehingga bisa mengelola keuangan secara mandiri berikut rekruitmen tenaga kerjanya.

“Semoga 2021 semua puskesmas di Kabupaten Tuban bisa BLUD,” harapnya.

Namun begitu, Hj Tri Astuti juga menjelasakan persoalan yang saat ini dihadapi membutuhkan perluasan lahan mengingat puskesmas rawat inap dan Poned ini lahannya sangat sempit.

“Puseksmas Plumpang butuh relokasi, mobil jenazah, perawat gigi karena tahun depan sudah pensiun,” jelasnya.

Tak hanya kunjungan di Puskesmas Plumpang, rombongan Komisi IV DPRD Tuban juga melakukan kunker ke Puseksmas Kerek. Disitu, dewan berharap agar puskesmas Kerek kedepan dapat melakukan penambahan beberapa layanan.

Diantaranya pelayanan IGD 24 jam, pelayanan persalinan 24 Jam, pelayanan rawat inap, dan adanya mobil jenazah. (Dur)

/