Laskar Hijau Pendarat Kiai Ma’ruf Bersihkan Sampah

301
Laskar Hijau Pendarat Kiai Ma'ruf Amin dari PC IPNU-IPPNU saat bersihkan sampah usai acara di lapangan sepakbola GOR Ranggjaya Anoraga Tuban.

kabartuban.com – Tidak seperti biasa, siang itu (23/1/2019), di Lapangan Sepak Bola sebelah timur Gedung Olahraga (GOR) Ranggajaya Anoraga Tuban, anak-anak muda Nahdlatul Ulama (NU) memungut dan membersihkan sampah, yang sebagain besar adalah sampah plastik, usai acara Ikrar Warga Nahdliyin sebagai Pendarat (Relawan) dari pasangan Capres-Cawapres H Joko Widodo  dan KH Ma’ruf Amin.

Kalau pada setiap event, baik berskala kecil maupun besar yang mengunakan fasilitas umum (Fasum) pemerintah, hampir bisa dipastikan, usai acara sampah akan tampak berserakan, yang akhirnya akan menganggu pemandangan dan masyarakat lain yang melihat-nya.

Atas dasar hal tersebut, muda-mudi Nahdlatul Ulama ini, terpangil untuk ikut mensukseskan kegiatan, baik pada pra maupn pasca kegiatan, termasuk pada acara yang di ikuti oleh warga Nahdliyin se-Kabupaten Tuban.

Meski masih berpakain rapi, para muda-mudi ini tak canggung, memungut dan membersihkan sampah ditengah rintik-rintik hujan yang mulai menguyur Bumi Wali. Mereka menamakan “Laskar Hijau” Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama- Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Pendarat Kiai Ma’ruf Amin.

Annadhofatul Minal Iman (kebersihan bagian dari iman) pak,” kata Nisa’ salah satu anggota PC IPPNU Tuban yang tak peduli dengan gerimis yang mulai menguyur Bumi Wali siang itu sambil memungut sampah-sampah plastik yang sudah basah.

Apa yang dilakukan para pelajar Nahdlatul Ulama ini mendapat apresiasi dari Tim Pendarat Kiai Ma’ruf Amin. Mereka mengaku bangga dengan kader-kader NU, utamanya para pelajar yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Alhamdulillah, anak-anak kami tidak hanya sekedar menghafal hadist-hadist yang mereka terima dari para Kiai dan Ustad mereka, akan tetapi anak-anak kami ini telah memberikan contoh pada masyarakat umum, untuk hidup bersih,” kata Jamal Ghofir Sekretarsi Tim Pendarat Kiai Ma’ruf Amin yang juga wakil sekretarsi PC NU Kabupaten Tuban ini.

Jamal yang juga menjadi Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA), sebuah perguruan tinggi milik PC NU tuban ini juga berharap, apa yang dilakukan “Laskar Hijau” Pendarat Kiai Ma’ruf Amin ini tidak hanya pada event kali ini.

“Jadikan dan tanamkan budaya bersih, menjadi prilaku sehari-hari, karena itu adalah diantara salah satu tanda orang-orang beriman,” pesan alumni Strata Dua/S 2, Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta ini.  (Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE