Pendarat Kyai, Filosofi dan Gerakan

593
Gerakan Pendarat Kyai memberikan dukungan memenangkan Jokowi – Ma’ruf Amin di Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, muncul sebuah gerakan di Bumi Wali yang bertajuk Pendarat Kyai. Pendarat yang diambil dari istilah mendarat yang diambil dari bahasa istilah di Bumi Wali. Kata mendarat biasa digunakan warga desa ketika ada salah satu warga yang punya gawe. Dengan mendarat atau bahasa lain rewang, masyarakat berduyun – duyun membantu tetangga atau familinya yang punya gawe. Tidak hanya tenaga dan pikiran, masyarakat juga dengan sukarela membawa berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pemilik hajatan.

Dalam konteks Pilpres ini, istilah mendarat digunakan sebagai gerakan dukungan kepada Ir. H. Joko Widodo dan Prof. KH. Ma’ruf Amin dalam hajat mencalonkan diri sebagai Presiden dan Wakil Presiden republik Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan media ini, Gerakan Pendarat Kyai yang dimotori kaum Santri dan Kyai ini secara sukarela memberikan dukungan dan gerakan untuk memenangkan Jokowi – Ma’ruf Amin di Kabupaten Tuban. dengan sukarela para pendarat melakukan berbagai hal untuk kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin di Kabupaten Tuban, mulai dari pengorganisiran massa, pembuatan spanduk dan baligho, hingga pelaksanaan berbagai deklarasi. Semua dilakukan secara sukarela dan atas biaya sendiri.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Perumus Pendarat Kyai, Ir. H. Wiwid Agung Wibowo, bahwa ini adalah gerakan masyarakat yang dengan penuh ketulusan mendukung Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Mendarat ini lebih dari relawan. Semuanya benar – benar atas inisiatif masyarakat, dan dengan penuh kesadaran sukarela masyarakat melakukan banyak hal untuk mendukung Kyai nya. Kuncinya pada Kyai nya, karena bangsa ini dianggap akan bisa damai dan maju dalam kepemimpinan Kyai,” kata Wiwid saat berbincang.

Senada dengan Wiwid, Ketua Tim Penggerak Pendarat Kyai mengatakan, pada saat Kyai Ma’ruf Amin punya gawe, maka masyarakat Tuban Bumi Wali dengan penuh kesadaran hati mendukung dan mendarat untuk kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin, khususnya di Kabupaten Tuban.

“Pada saat Kyai punya gawe, para santri dan masyarakat di Tuban Bumi Wali mendarat untuk kemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin. Sudah saatnya para Kyai dan Santri memimpin negeri ini,” kata Kyai Wafa. (im/dwi)

Apa Komentarmu?

SHARE