Sejumlah Masjid Tuban Menggelar Sholat Id Dengan SOP Ketat

kabartuban.com – Sejumlah Masjid di Kabupaten Tuban masih menggelar Sholat Id berjamaah. Hal ini tetap dilakukan, karena masyarakat setempat masih menghendaki Sholat Idul Fitri digelar di Masjid. Sebagaimana pesan Bupati Tuban, jika terpaksa harus menggelar Sholat Idul Fitri, maka diterapkan protokol kesehatan dengan ketat dan melibatkan personel TNI – Polri, Minggu (24/05/2020).

Salah satunya Masjid Rahmat di Kembang Kerang Kecamatan Semanding, Tuban. Masjid yang terletak di sebelah barat Polsek Semanding tersebut menggelar Sholat Idul Fitri berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari penyemprotan disinfektan sebelum kegiatan dilaksanakan, penyediaan tempat cuci tangan pakai sabun, penyediaan masker bagi jamaah yang tidak membawa masker, hingga penerapan physical distancing atau jaga jarak antara satu jamaah dengan yang lainnya.

Sesepuh Masjid setempat, Kyai Minan mengatakan, Sholat Idul Fitri tetap dilaksanakan karena masyarakat setempat menghendaki hal itu. Namun sebagai upaya pencegahan potensi penyebaran Virus Corona, ta’mir Masjid memberlakukan protokol kesehatan sesuai himbauan Pemerintah.

“Kita tetap menggelar Sholat Idul Fitri berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti himbauan Pemerintah,” terang Kyai Minan usai Sholat Idul Fitri digelar.

Lebih lanjut Kyai Minan menjelaskan pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjamaah berjalan dengan lancar. Personil dari TNI-Polri juga ikut serta mengamankan situasi. Tidak ada salaman antar jama’ah usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjamaah.

Sebelumnya, Bupati Tuban Fathul Huda menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Tuban untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah. Namun jika tetap menggelar Sholat Idul Fitri berjama’ah, maka harus menerapkan SOP yang berlaku. (im/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close