Tiga Bulan Jelang Pemilu, WBP Tuban Rekam e-KTP

247
Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Tuban saat melakukan perekaman e-KTP

kabartuban.com –  Delapan belasa (18) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Tuban  melakukan perekaman Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Kamis (17/1/2019), tepat tiga bulan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilakukan serentak 17 April 2019 mendatang.

Pandataan kepada para Napi ini merupakan salah satu cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupten Tuban, untuk menjaga hak pilih warga negara indonesia.

Humas Kasubsie Regbimas Lapas Tuban, Wenda Indra Bachtiar saat dikonfirmasi mengatakan dari 53 orang yang teridentifikasi, sekitar 18 orang yang melakukan perekaman, dan kegiatan serupa akan dilakukan secara berkala.

“Dengan adanya perekaman, warga kami (Napi) merasa senang karena karena pemilu bisa ikut memilih,” ujar Humas Kasubsie Regbimas Lapas II Tuban, Wenda Indra Bachtiar.

Sedangkan, untuk napi yang status kependudukanya berada diluar wilayah Bumi Wali, akan dikordinasikan dengan daerah asalnya, agar hak pilihnya bisa dipergunakan sebagaiaman mestinya.

“Yang Non Tuban, akan dikordinasi dengan kota setempatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tuban Basori Fahmi, mengatakan perekaman ini dilakuakn secara serentak di Lapas/rutan se indonesia, dengan diawali live streaming pembukaan di rutan Narkoba di jakarta, kemudian, KPU,  Bawaslu, Kemenkumham, Ombdusman Dan tentunya Kemendagri.

“Harapannya nanti semua teman-teman di lapas bisa ikut serta Dan berperan aktif dalam pemilu 17 April 2019 besok,” kata Fahmi, ketua PPK Tuban.

Menurutnya, Di Tuban sendiri terdapat 436 warga binaan lapas, sedangkan dari jumlah tersebut Ada 136 warga yang tidak memiliki dokumen e-ktp, dari jumlah tersebut, dicek dengan biometrik sehingga dapat diketahui.

“Mana yang sudah perekaman atau mana yang belum, Jika belum, maka akan dilakukan perekaman” terangnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE