WTN, Bukti Keseriusan, Pelayanan dan Penyelenggaraan Transportasi Publik

kabartuban.com – Kabupaten Tuban kembali menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha, dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesai, penghargaan yang diserahkan di Jakarta Convention Center (JCC) itu diterima langsung Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein didampingi Kepala Dinas perhubungan Kabupaten Tuban Muji slamet, dan Kasat Lantas Polres Tuban.

Muji Slamet mengatakan, penghargaan Wahana Tata Nugeraha menupakan bentuk penghargaan kepada daerah yang dinilai baik dalam penataaan transportasi publik dan lalulintasnya secara komperhensif, pada seluruh bidang. Selain itu, keberhasilan Pemkab Tuban dalam menata dan menerapkan parkir berlangganan, juga menjadi faktor penunjang diraihnya Wahana Tata Nugraha Tahun ini.

“Alhamdulillah, tentunya ini adalah keberhasilan kita semua pihak-pihak terkait, dalam penataan transportasi di Kabupaten Tuban, Penerapan Parkir berlangganan yang kami laksanakan juga turut menunjang,” kata Muji Slamet.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perhubungan menjelaskan, jika penilaian Wahana Tata Nugraha tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 35, Tahun 2018, tentang tahapan obyek penilaian, Wahana Tata Nugraha 2018-2019, penilaian dilakukan tim penilai secara tertutup dan dengan obyek penilaian mencakup seluruh bidang yang terdiri dari lima bagian.

“Penilaian dilaksanakan tertutup atau rahasia, dengan bidang penilaian menyeluruh,” terangnya.

Adapun bidang-bidang yang menjadi penilaian adalah Lalulintas, meliputi, ruas jalan, perlengkapan jalan, fasilitas pejalan kaki, dan penataan fasilitas parkir. Kemudian, bidang angkutan meliputi, pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek serta pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Berikutnya bidang sarana transportasi darat, meliputi, unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor dan kendaraan bermotor umum. Lalu bidang prasarana transportasi darat yang meliputi, terminal angkutan jalan, halte, dan fasilitas perpindahan moda dalam rangka integrasi pelayanan intra dan antar moda.

Poin terakhir penilaian Wahana Tata Nugraha adalah bidang umum, meliputi, inovasi dan program unggulan daerah di bidang transportasi perkotaan yang berkelanjutan, alokasi anggaran untuk transportasi, kelembagaan dan sumber daya manusia di bidang transportasi, penyediaan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, dan tertib masyarakat dalam berlalu lintas.

“Tentunya penghargaan yang sudah diterima ini akan menjadi semangat kami dan pihak pihak terkait dalam penataan lalulintas transportasi, dan seluruh fasilitas pendukung lainya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat tuban,” imbuh Muji.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein mengapresasi kinerja Dinas Perhubungan kabupaten Tuban dan instansi terkait. Menurut wakil bupati, penghargaan tersebut sebagai wujud keseriusan kinerja dinas dalam pemberian pelayanan kaitanya dengan lalulintas dan transportasi publik di Kabupaten Tuban.

“Pemkab Tuban akan terus berinovasi dalam memberikan perhatian dan dukungan terhadap peningkatan fasilitas transportasi publik. Baik di bidang lalu lintas, angkutan publik maupun sarana transportasi, Penghargaan ini tentu bukanlah tujuan akhir, tetapi sebagai motivasi untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarkat di Kabupaten Tuban’’ kata Wabup Tuban itu. (Luk/Adv)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close