188 Orang Ikuti Tes Panwascam

385

IMG_20150518_094620kabartuban.com – Untuk menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada), yang digelar serentak pada 9 desember 2015 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban, gelar tes tulis untuk para calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Tes tulis yang diikuti 188 peserta dari 197 orang yang dinyatakan lolos administrasi tersebut, dilaksanakan di lantai dua gedung Universitas Sunan Bonang (USB) Tuban, Senin (18/05/15).

Dari informasi yang diterima kabartuban.com sebelumnya sebanyak 203 masyarakat dari berbagai kecamatan yang turut mendaftar sebagai Panwascam.

“Ada 203 orang yang telah mendaftar dan 6 orang yang tidak lolos seleksi administrasi, dan hari ini tes tulis, dari 197 peserta ada 9 orang yang tidak hadir, sehingga yang tidak hadir kita nyatakan gugur secara otomatis” ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamun Hadi.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Gus Hadi ini mengungkapkan, tes tulis kali ini dimaksudkan untuk mencari calon anggota Panwascam yang memiliki kemampuan serta wawasan tenteng kepemiluan, sehingga dalam pilkada mendatang dapat terselenggara sesuai harapan dan tahapan yang ada.

“Setelah tes tulis, akan kita seleksi menjadi enam peserta ditiap-tiap kecamatannya, untuk tes tulis sendiri pengumumannya akan kita laksanakan tanggal 20-21 mei, dan yang masuk seleksi akan ada tes lagi yakni tes fit and propertest atau tes wawancara pada 22 sampai 25 mei mendatang”

Para peserta yang mengikuti tes tersebut, harus menyelesaikan 50 soal pilihan ganda, dan rencananya setelah proses tes tulis selesai, soal-soal yang langsung dibuat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur itu, akan dimusnahkan dengan cara dibakar, untuk menjaga kerahasiaan soal tersebut.

“Setelah tahap penjaringan selesai, para peserta yang nantinya menjadi panwascam, akan langsung mengawal kesiapan dan berlangsungnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban” Pungkas Hadi. (Pul)