79 Guru Ikuti Lokakarya Kompetensi Tenaga Pendidik

459
Para tenaga pendidik saat mengikuti pelatihan peningkatan kualitas pendidikan.

kabartuban.com – Sebanyak 79 guru dari berbagai lembaga dan jenjang pendidikan di Kabupaten Tuban, mengiuti lokakarya peningkatan kapasitas tenaga pendidik (guru), yang diadakan oleh perusahan Migas Exxon Mobil bersinergi dengan Putra Sampoerna Foundation (PSD).

Kegiatan yang dijadwalkan selama dua hari tersebut dilaksanakn di dua tempat di Tuban yakni SMP Bina Anak Sholeh (BAS), dan Pusat Belajar Guru (PBG) setempat.

“Alhamdulillah sekolah kami dipercaya menjadi tuan rumah pelatihan,” ujar Kepala SMP BAS Tuban, Anik Winarto (16/9/2017).

Selama kegiatan berlangsung, para peserta akan praktik di dalam kelas dengan pendampingan dari Dosen yang menjadi pemateri.

Diharapkan lokakarya PTK, nantinya mampu meningkatkan kemampuan guru khususnya di SMP BAS, sekaligus memenuhi visi misi pemilik sekolah H Fathul Huda, yang juga Bupati Tuban.

“Tentu harapan kami agar guru memiliki kemampuan mendidik yang baik, agar visi dan misi sekolah ini tercapai,” kata Anik.

Sementara itu, pengawas School Development Program atau program pengembangan sekolah, Syaichon, mengatakan, pelatihan PTK bagi guru bertujuan meningkatkan kompetensi pendidik dalam menyusun rencana pendidikan. Sekaligus melaksanakan PTK sebagai refleksi, dari penguasaan mereka terhadap materi yang diajarkan.

“Setelah menerima materi pada sesi-1 sekarang praktek di dalam kelas dengan pendamping dari Unesa Surabaya,” jelasnya.

Di Tuban ada beberapa sekolah yang para pendidiknya menjadi sasaran pelatihan, yakni SMPN 1 Palang, SMPN 2 Palang, dan SMP BAS.  Selain di Tuban, juga di Bojonegoro. Ada tiga titik sasaran yakni SMAN 1 Kalitidu, SMPN 1 Gayam dan SMPN 1 Purwosari, dengan jumlah peserta 174 guru. (Luk)

/