950 CJH Ikuti Praktik Haji Tamattu’ yang Diselenggarakan SIG Pabrik Tuban

36
praktik ibadah haji tamattu'

kabartuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban telah menyelenggarakan kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji tamattu’ bagi Calon Jama’ah Haji (CJH) dari wilayah Kabupaten Tuban pada Minggu 3 Maret lalu. Kegiatan ini diselenggarakan di Graha Sandiya, Komplek Perdin SG Tuban. Sebanyak 950 CJH dari total kuota haji Kabupaten Tuban tahun 2024, yang berjumlah 1334 jama’ah, turut serta dalam kegiatan ini. Senin, (04/03/2024)

“Alhamdulillah pada hari ini para calon jamaah haji akan mengikuti serangkaian praktik haji tamattu’ dan ibadah umroh. Di komplek Perumdin ini telah disetting menyerupai di Makkah ada ka’bah, jamarat atau tempat lempar jumroh. Sehingga, dengan diadakannya kegiatan ini para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar dan lancar,” terang Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo.

Menurutnya, para calon tamu Allah akan diberi panduan tentang tata cara menjalankan ibadah haji, mulai dari tahapan ihram dari miqat, wukuf di Arafah, menginap di Muzdalifah, melempar jumrah aqobah, tahalul, menginap di Mina, hingga thowaf wada.

“Panitia dari SIG akan membimbing para jamaah dan menerangkan apa yang harus dilakukan saat melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

Sebelum melaksanakan praktik ibadah haji, Setiawan Prasetiyo menyatakan bahwa para jamaah juga telah menerima berbagai macam materi seputar ibadah haji. Pada tanggal 17 Januari 2024, materi tentang Thoharoh dan Sholat Jama’qoshor telah disampaikan oleh KH. Jauhari Fahmi dari Senori, Tuban. Sedangkan materi tentang Fiqhunnisa’fil Hajj telah dibawakan oleh Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I dari Plumpang, Tuban. Kemudian, pada tanggal 24 Januari 2024, calon jamaah haji juga diberikan materi tentang Haji Tamattu’ yang disampaikan oleh KH. M. Achmad Ainul Yakin dari Kingking, Tuban. Terakhir tanggal 31 Januari 2024, materi tentang berbagai aspek haji telah disampaikan oleh Dr. H. Muhammad Latholf Ghozali, Lc., MA, dari Surabaya.

“Perusahaan juga memberikan berbagai fasilitas secara gratis kepada para jamaah. Diantara lain kendaraan antar jemput saat pelaksanaan bimbingan, tas, buku panduan ibadah haji, dan berbagai fasilitas lainnya,” ujar Setiawan Prasetyo.

Ia juga mengajak kepada seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban untuk bersama-sama berdo’a agar diberikan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji baik dari awal keberangkatan dari Tanah Air, selama berada di Tanah Suci, hingga kembali ke rumah masing-masing, dengan harapan agar menjadi haji yang mabrur, diterima dengan baik oleh Allah SWT.

“Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nanti,” harapnya.

Setiawan Prasetyo juga mengharapkan kepada semua calon jamaah haji ketika berada di Tanah Suci nanti untuk ikut mendoakan kesuksesan operasional perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat.

“Kami berharap para calon jamaah haji juga menyelipkan doa untuk SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini. Agar perusahaan dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat,”  pungkasnya. (zum/ril)

/