Akibat Cuaca Buruk TPI di Tutup

514

damoak cuaca buruk, tempat pelelangan ikan tutup_1 003kabartuban.com – Cuaca buruk yang menerjang kawasan pantai utara Tuban, Jatim dalam sepekan terakhir ini ternyata tak hanya melumpuhkan aktifitas melaut ribuan nelayan setempat. Lebih dari itu, cuaca buruk juga memaksa sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di sepanjang kawasan pantura Tuban, tutup total.

Hal itu seperti yang terpantau di tempat pelelangan ikan Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban. Salah satu tempat pelelangan ikan terbesar di Tuban ini, bahkan sudah tutup sejak lima hari lalu, karena sama sekali tak ada pasokan ikan yang datang dari nelayan. Aktifitas pelelangan hanya diisi para nelayan yang terlihat sibuk memperbaiki jaring dan keperluan melaut lainnya.

Sungguh ironis, karena pada hari normal tempat pelelangan ikan ini selalu ramai dengan kapasitas mencapai lebih dari seratus ton ikan yang diperdagangkan perharinya.

Salah satu anggota pengurus TPI Desa Karangung, Palang, Sartono menuturkan sudah hampir sepekan ini suasana tempat pelelangan sepi. Hampir sebagian besar nelayan setempat memilih tidak melaut karena cuaca buruk, berupa ombak besar yang melanda laut utara Tuban.

Ia menambahkan, “Pihaknya juga mengaku belum tahu pasti kapan tempat pelengan ikan ini, akan kembali dibuka secara normal karena hingga kini belum juga ada tanda – tanda cuaca kembali membaik. Sebagian besar nelayan masih memilih menganggur sambil memperbaiki perlatan melaut seperti jaring dan juga perahu. (af/riz)