Aktifis Kepemudaan Angkat Bicara Soal Calon Sekda

475

kabartuban.com – Sejumlah organisasi kepemudaan di Tuban angkat pendapat terkait Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Diantaranya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Tuban. Pimpinan kedua organisasi tersebut berharap agar sosok calon Sekda Pemkab Tuban benar-benar kapabel dan teruji.

“Siapapun monggo (silahkan.red), asal bisa menerjemahkan ide dan gagasan Bupati, apalagi saat ini proses penentuan posisi sebagai Sekda melalui seleksi ketat dan dilelang,” Kata Nasirul Umam Ketua KNPI Kabupaten Tuban (14/4/2015).

Aktifis kepemudaan yang juga dikenal dekat dengan ‘rezim’ pemerintah Kabupaten Tuban tersebut juga memberikan apresiasi pada panitia seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama yang sudah melakukan proses seleksi beberapa minggu terakhir. Rencananya,  pengumuman hasil seleksi kompentensi calon sekda akan di umumkan pada publik melalui website Pemkab pada Rabu 15 April 2015. Selanjutnya, masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Di tempat terpisah, Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Tuban, Muhimmudin, S.Ag saat dikonfirmasi menambahkan, orang layak meduduki kursi “orang nomer tiga” di Pemkab Tuban itu selain kapabel, juga harus bisa menerjemahkan ide dan gagasan pimpinan (Bupati.red), dan orang yang bersih dari tindak korupsi.

“Meski itu semua adalah kewenangan pancel, kita dan masyarakat kan boleh berharap, yakni calon Sekda itu orang manajerialnya bagus dan yang terpenting tidak ‘cacat’, utamanya masalah hukum,” Kata Muhimudin.

Untuk diketahui, sepeninggal almarhum Drs. H. Heri Sisworo, MM pada awal September 2014 lalu, hingga saat ini posisi orang ke tiga di Pemkab Tuban masih kosong dan untuk sementara dirangkap oleh Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si yang juga menjabat sebagai Kepala Bappeda Pemkab Tuban.

Selain Kepala Bappeda yang masuk dalam seleksi calon Sekda, juga terdapat nama Drs. Agus Priyono Hadi, MM (Inspektur Kantor Inspektorat Pemkab Tuban), Drs. Paraith, M.Si (Kadishub) serta Ir. Sunarto,MM (Kadis Perikanan & Kelautan Pemkab Tuban). (kh/im)