Bedak Kayu Depan Gudang Garam Jenu Terbakar

451
kebakarankayu5
Tumpukan kayu yang dilalap api setelah berusaha dipadamkan oleh tim Damkar

kabartuban.com – Kebakaran terjadi di salah satu titik jalur pantura Tuban, tepatnya di Dusun Jembel Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, Tuban. Api yang membesar sejak siang tadi membakar tumpukan kayu di lokasi jual beli kayu bakar, hingga akhirnya dua unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kabupaten Tuban berhasil menjinakkan api, Senin (3/8/2015).

Salah seorang saksi mata, Basar mengatakan, “Saya tidak tahu asal api, begitu saya tahu kobaran api, sayu langsung jebur ke laut, mengambil air dan berusaha memadamkan api sebisanya. Namun ternyata api terus membesar dan melahap hampir semua kayu yang ada,” kata Basar saat ditemui di lokasi kejadian.

Sementara itu, wanita pemilik usaha jual beli kayu bakar tersebut, Sarwi mengatakan bahwa pukul 12.00 WIB dirinya sempat datang ke lokasi, dan tidak terjadi apa – apa. Namun beberapa saat kemudian setelah meninggalkan lokasi, dirinya mendapatkan kabar tempat usahanya terbakar.

“Jam 12 saya ke sini tidak ada apa – apa mas, kejadiannya mungkin sekitar jam 1 siang,” ujar Sarwi yang masih menampakkan kesedihannya saat tim Damkar berusaha menjnakkan si jago merah.    

Ditanya terkait kerugian yang didera, dengan singkat Sarwi memperkirakan kerugiannya kurang lebih  100 juta rupiah. “Mungkin sekitar 100 juta,” ucapnya singkat.

Menurutnya, kayu yang terbakar adalah kayu campuran yang memang dijual belikan untuk kayu bakar. Sarwi juga mengambil kayu – kayu itu dari perkampungan dan beberapa daerah sekitar. Dirinya merasa sangat terpukul dan tidak bisa menyembunyikan kesedihannya di depan awak media.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan media ini, kebakaran yang terjadi di bedak (tempat penyimpanan) kayu tersebut sempat  membuat warga panik, pasalnya lokasi yang tepat berada di bibir pantai itu dekat dengan pemukiman warga.

Akibat kejadian ini, lalu lintas pantura Tuban sedikit terganggu. Polisi kemudian menurunkan sejumlah anggotanya untuk mengamankan lokasi pada saat tim Damkar bekerja memadamkan api. Kerumunan warga pun berdatangan untuk melihat kejadian yang berada dekat dengan Pabrik Gudang Garam Tuban itu. (im)