Bengkel Modif Plumpang Merambah Luar Pulau

4003

kabartuban.com – Perjuangan seorang Zaenal (26) dalam menekuni usahanya, layak mendapatkan apresiasi. Usaha Modifikasi motor berlabel Bengkel Zaenal MDJ Custom tersebut berada di wilayah Desa Sumur Jalak, Kecamatan Plumpang, dan telah ditekuninya selama tujuh tahun hingga saat ini terus berkembang hingga merambah pasar luar pulau.

Zaenal mengaku, usaha yang dirintisnya sejak 2008 tersebut sempat vakum di tahun 2009, karena dia memilih untuk ikut bekerja di bengkel Sinar Sanjaya, bengkel modifikasi motor yang berada di Madura sampai dengan 2010, hingga akhirnya Zaenal siap kembali mengembangkan usahanya sendiri.

“Dulu 2008 belajar sendiri, otodidak. Namun setelah itu kerja di Madura, dan 2010 baru siap mbuka lagi,” paparnya saat ditemui dibengkelnya, Senin (14/12/2015).

Kepada wartawan media ini zaenal mengaku menyukai dunia otomotif sudah sejak berada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Berawal dari hobi tersebut, kemudian bisa menjadi lapangan pekerjaan.

“Sudah dari dulu suka dunia otomotif, mulai dari main sepeda ontel yang tak panjangin sampai dua meter juga, pas jaman sekolah” imbuhnya.

Menurutnya, biaya memodifikasi setiap motor bervariasi, tergantung permintaan pelanggan. Rata-rata sekitar Rp. 17 juta hingga Rp. 25 juta. Besarnya biaya modifikasi motor tergantung permintàan, jika pelangganya menginginkan barang yang bagus dan aksesorisnya lengkap, maka sudah bisa dipastikan mahal.

Bahkan, pelangan bengkel Modifikasi motor milik Zaenal tak hanya dari warga setempat, Usaha modifikasi tersebut sudah merambah pasar sampai ke luar pulau, seperti Sumatra dan Jakarta.

“Kalau jauh biasanya cuma mesen body saja, nanti bisa dipasang sendiri di bengkel, saya tinggal kirim sesuai dengan design yang diminta, kalu dekat ya langsung dibawa kesini,” katanya.

Beberapa motor hasil modifikasinya juga sudah menyabet juara dalam kontes HMMC (Honda Motor Modify Contest) di Lamongan dan Surabaya dengan  kategori Sport Modif, yaitu motor Megapro dimodif menjadi motor Repsol seperti punya Marques. Sedangkan yang menang di Tuban dan Bojonegoro,  Motor Vixion dimodif Motor YZR M1 milik Rossi.

“Kalau pas kontes dan garapannya sudah selesai ya saya ikutkan, biasanya kalau motornya sudah jadi langsung diambil orangg yang punya,” katanya.

Pantauan kabartuban.com di bengkel Zaenal MDJ Custom, saat ini masih ada tiga buah motor yang sedang dalam proses modifikasi, diantaranya ada Ninja 250  dan New vixion yang minta dimodifikasi layaknya YZR M1 Valentino Rossi.

“Motor yang repsol orange yang di depan itu yang menang kamarin, sekarang dibawa kesini lagi soalnya tangkinya bocor, dan motor yang tiga itu masih proses pembuatan rangkanya,” tutup zaenal. (har/riz)

 

/