‘Berkah’ Banjir Di Jateng, Nelayan Tuban Panen Ikan Tawar

477
IMG_8334kabartuban.com – Sebagian masyarakat tuban yang berada dipesisir pantai juga yang berprofesi sebagai nelayan beberap hari terakhir mendapatkan “berkah” dari musibah banjir yang terjadi di wilayah Propinsi Jawa Tengah. Pasal semenjak cuaca buruk dan sebagian neyalan tidak berani melaut, karena angin kencang serta gelombang tinggi, banyak ditemukan ikan air tawar yang terjaring dipingir pantai.
Ikan air tawar sepeti bandeng banyak ditemukan nelayan meski hanya melakukan pencarian ikan di sekitar bibir pantai. Meski hasil tangkapan ikan yang melimpahsebagian besar ikan yang dapat ditangkap sudah dalam kondisi hampir mati.
Dari keterangan sejumlah nelayan di pesisir Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Tuban, ikan tawar berbagai jenis yang berhasil mereka tangkap itu diduga merupakan ikan dari para petani tambak di wilayah Jawa Tengah yang terbawa gelombang telah diterjang banjir beberapa hari yang lalu.
“Kemungkinan ini ikan tambak dari Jawa Tengah yang kemarin terkena banjir mas. Gelombangnya kan arahnya ke timur, jadi terbawa sampai sini,” Kata Edi salah satu nelayan yang ada di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Tuban (30/1).
Selama tiga hari ini, para nelayan sangat diuntungkan dengan adanya ikan tawar berbagai jenis yang banyak ditemui di laut tersebut, karena bisa untuk menambah penghasilan mereka. Pasalnya sudah dua minggu lebih mereka tidak berani untuk melaut.
“Kalau hari pertama kemarin banyak sekali yang kita dapatkan, kemarin hasil tangkapannya saya jual dapat tiga ratus ribu lebih. Tapi sekarang ini sudah berkurang, mungkin karena sudah banyak yang ikut mencari ikan itu,” lanjut Edi.
Tidak hanya di wilayah pesisir pantai Karangsari, Kecamatan Kota Tuban, sejumlah nelayan yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban juga banyaknya mendapatkan ikan air tawar. Karenanya, para nelayan dan masyarakat yang berada di bibit pantai beramai-ramai membawa jaring untuk mencari ikan bandeng di laut itu.
“Alhamdulillah, lumayan mas untuk penghasilan tambahan. Kalau dapat banyak ya kita jual, kalau hanya sedikit seperti sekarang ini yang kita masak sendiri,” Terang Sukadi, salah satu nelayan di wilayah Kecamatan Jenu, Tuban. (kh)