Bersama Elemen Masyarakat, Dandrem dan Kodim Tanam Dua Ribu Pohon Mangrove

9
Danrem 082/ CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo., S.H., M.M., saat melaksanakan penghijauan di hutan mangrove Jenu, Tuban.

Kabartuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kodam V Brawijaya, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin dan Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo, Bersama elemen masyarakat tengah melaksanakan penghijauan dengan menaman pohon mangrove sebanyak 2000, yang secara serentak dilaksanakan di pantai Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jumat (04/03/2022).

Giat tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Sekretaris Daerah (Sekda), Budi Wiyana, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Bambang Irawan, Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda) Tuban, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jenu dan beberapa elemen masyarakat dari unsur pecinta lingkungan.

Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf. Unang Sudargo mengatakan, kegiatan penanaman pohon di mangrove secara serentak ini merupakan sebuah program dari Kodam V Brawijaya.

“Ini bentuk kepedulian terhadap lingkungan dalam program pembinaan lingkungan hidup tahun anggaran 2022,”ucapnya.

Menurutnya, dengan cara menanam pohon mangrove di pantai sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut, dan menjadi tempat berlangsungnya hidup biota laut , karena Kawasan hutan mangrove adalah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup.

“Beberapa spesies sepeti udang, ikan, dan kepiting banyak berkembang biak di Kawasan hutan mangrove,” timpal Danrem.

Dia juga berharap, adanya keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas.

Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin menambahkan, dalam mendukung program tersebut Kodim 0811 Tuban melaksanakan kegiatan penanaman mangrove secara serentak pada dua titik, yaitu Pantai Mangrove Desa Jenu, Kecamatan Jenu sebanyak 1000 pohon dan Pantai Desa Margosoko, Kecamatan Bancar sebanyak 1000 pohon mangrove dengan luas dua hektare.

“Penanaman pohon mangrove secara serentak di jajaran Kodam V Brawijaya ini merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Tuban,” terang Dandim.

Pihaknya berharap, pohon yang ditanam bisa bermanfaat menjadi motivasi kelompok masyarakat dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, serta sarana edukasi dengan adik-adik mahasiswa untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri.

Sementara itu, Sekda Tuban, Budi Wiyana mengaku, sangat mendukung upaya penghijauan dan penanaman tersebut. “Ini adalah giat positif, yang terpenting bukan hanya menanam, namun juga merawatnya hingga benar-benar bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” pungkasnya. (hin/dil)

 

 

/