Bobol ATM BRI Samsat Tuban, Dua Pencuri Kabur

344
ATMBRI copy
Petugas saat melakukan penyelidikan di TKP

kabartuban.com – Kawanan pencuri berhasil membobol Mesin ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di depan kantor samsat Tuban, Jalan Teuku Umar. Namun dalam aksinya dini hari tadi, pelaku yang diduga dua orang tersebut gagal menggondol uang yang berada di Mesin ATM. Mereka segera melarikan diri saat menyadari aksinya dicurigai petugas Satpol PP, Rabu (8/7/2015).

Menurut informasi yang dihimpun dilokasi kejadian, pelaku diduga ada dua orang. Untuk melancarkan aksinya, satu pelaku bertugas sebagai eksekutor atau pembobol. Sedangkan pelaku lainnya menunggu di atas sepeda motor Yamaha Jupiter MX.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kota Tuban, AKP Muhammad Supar mengatakan, “Aksi pembobolan mesin ATM ini berlangsung sekitar pukul 01.00 WIB. Akan tetapi, gerak-gerik pelaku sudah dicurigai oleh salah satu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang saat itu sedang melewati jalur Teuku Umar ini. Melihat aksi yang mencurigakan, anggota satpol PP langsung melaporkan kepada petugas. Mendapatkan laporan tersebut, petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi kejadian. Namun, pelaku sudah keburu melarikan diri,” terangnya.

Kapolsek juga menunjukan bahwa saat ini “Cover Box” mesin ATM BRI sudah rusak mengelupas, diduga pelaku sudah sempat mencongkel box mesin ATM tersebut.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Bancar tersebut menyatakan bahwa saat ini pelaku masih dalam pengejaran dan penyelidikan petugas. Namun, petugas mengalami kesulitan untuk mengetahui identitas pelaku. Sebab, selain pelaku keburu melarikan diri, plat nopol sepeda motor yang digunakan untuk aksi kejahatan tersebut juga dilipat.

“Saat ini kami belum mengetahui identitas pelaku, dan akan mengembangkan kasus ini,” tandasnya.

Kendati demikian, uang yang berada di dalam brangkas ATM dijamin masih utuh. Karena sebelum pelaku mengambil uang dalam brangkas, sudah ketahuan petugas. “Nyaris saja uangnya diambil, untung petugas segera datang,” pungkas Supar. (pul/im)