Bupati Tuban Resmikan Pusat Sumber Belajar

21
Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky saat meresmikan pusat sumber belajar di SMPN 3 Tuban.

kabartuban.com Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meresmikan Pusat Sumber Belajar (PSB) dan Masjid At-Tholabah SMPN 3 Tuban. Pada kesempatan yang sama hadir Kepala Kantor Kemenag Tuban, Drs.M.Sahid, Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Nur Khamid, Ketua PGRI Tuban, Witono, dan Camat Tuban, Moch Dani Ramadani, Jumat (17/12/2021).

Dalam sambutannya Bupati Tuban menyampaikan Pemkab Tuban tengah melakukan pengkajian terkait pengembangan SDM melalui bidang pendidikan. Menurutnya bidang pendidikan ini menjadi ajang tombak peningkatan IPM.

“Ini menjadi tanggungjawab semua warga Kabupaten Tuban, utamanya insan pendidikan,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Penguatan bidang pendidikan harus didukung sarana prasarana penunjang yang mamadai. Dan disamping itu perlu diimbangi dengan pengembangan kompetensi tenaga pengajar. Persebaran guru  juga harus merata agar seluruh anak di Kabupaten Tuban mendapatkakn akses pendidikan yang bermutu.

Ia melanjutkan, Pemkab Tuban akan melakukan standarisasi Lembaga pendidikan di Kabupaten Tuban. Tujuannya, untuk meghindarkan terjadinya tindak pungutan yang membebani orangtua siswa.

”Sehingga tidak ada lagi istilah sekolah mahal,” tegasanya.

Mas Bupati terus menekankan pengembangan pendidikan di Kabupaten Tuban dan diarahkan agar dapat mengoptimalkan potensi Kabupaten Tuban. Selain itu, jua selaras dengan program pembangunan yang telah disusun.

Dinas Pendidikan , PGRI Tuban dan Lembaga pendidikan ujar Bupati, Diminta agar dapat mengembangkan soft skil siswa baik melalui kurikulum pendidikan maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuanya agar siswa tidak hanya meguasai akademik, tetapi juga dibekali kemampuan teknis.

“Seperti entrepreneurship, public speaking, fotografi,penguasaan Bahasa asing maupun kompetensi lainya,” jelasnya.

Di sisi lain, mas Bupati Tuban juga menginstruksikan agar tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki desa binaan. Pengembangan desa dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi desa tersebut. Sehingga mampu memunculkan kearifan local dan ciri kas tiap wilayah.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Tuban, Fathul Mu’in dalam laporannya menyebutkan SMPN 3 Tuban mengatakan PSB dibangun sebagai upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan siswa. Tujuannya, agar prestasi anak didik telah ditorehkan SMPN 3 Tuban.

Fathul Mu’in menjelaskan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMPN 3 Tuban menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan ketetapan dari Pemkab Tuban. “Kami mendukung program pembangunan Kabupaten Tuban, “ tutupnya. (nat/dil)

/