Cabai dan Telur Diprediksi Alami Lonjakkan Harga Saat Menjelang Natal dan Tahun Baru

kabartuban.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi mengungkapkan hasil pantauan Dinas Perdagangan di sejumlah daerah belakangan ini. Dari perkembangan terakhir, sedikitnya diketahui harga tiga bahan pokok mulai naik dan diperkirakan berlanjut hingga menjelang Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Di Pasar Baru Tuban sendiri Komoditas yang harganya naik lainnya adalah cabai dan telur. Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga cabai terpantau sudah mengalami kenaikan lantaran bebarengan dengan masuknya musim penghujan. Pengaruh cuaca ini otomatis membuat harga cabai mengalami kenaikan.

Menjelang akhir taun harga bahan pokok relatif banyak yang mengalami  kenaikkan. Hal tersebut membuat pihak pasar sendiri setiap hari melakukan pantauan dan  laporan perubahan harga bahan pokok

“Biasanya kalau ada kenaikan harga yang signifikan itu pihak kepolisian terjun ke lapangan dan menanyakan kenapa ini kok naik apa karna dari petaninya harga naik atau dari produsenya yang naik atau ada hal lain,” jelas Afif selaku kepala koordinator lapangan di Pasar Baru Tuban saat ditemui reporter media ini, Selasa (16/11/2021).

Tidak hanya cabai, telur juga merupakan bahan pokok yang sering bisa berubah harga setiap harinya, hal tersebut dapat dipengaruhi dari peternak telur banyak yang tidak jadi, pedagangnya ingin menaikkan harga atau mungkin dari kebutuhan pakan ayam yang mahal.

“Bahan pokok yang sering berubah itu seperti telur. Karena mungkin ada kedala atau kenaikan harga pakan ayam atau mungkin peternak telur ingin menaikkan harga telur,” jelas Sukardi koordinator Pasar Baru Tuban.

Diketahui, hingga hari ini kebutuhan bahan pokok di Pasar Baru Tuban belum mengalami kenaikkan. Namun diperkirakan akan mengalami lonjakan kenaikan harga saat mendekati Natal dan Tahun Baru (Nat/Hin)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker