Ciplukan, Tanaman sejuta bermanfaat yang terabaikan

Kabartuban.com- Mungkin kebanyakan dari kamu sudah mengenal daun ciplukan, Tanaman ini terkenal sebagai tanaman liar dan jarang ada yag membududayakanya.
Meskipun tanaman liar ternyata daun cipliukan juga merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ciplukan biasanya timbuh di semak belukar dan samping selokan, kebun atau tepian sungai, namun kini banyak orang yang sengaja menanam tanaman ini tentunya guna menngatasi berbagai masalah kesehatan.
Pasalnya, daun cuplikan memiliki beberapa khasiat dalam mengatasi beebrapa khasiat dalam menngatasi beberapa penyakiat, tentunya menjadi obat alami. Buah ciplikan sediri jika sudah matang sempurna memliki rasa yang mais dan lezat. Buah, akar dan daun ciplikann memliki manfaat bagi kesehatan.
Manfaat daun Ciplukan dan cara mengolahnya sebagai berikut,
Akar dan batang ciplukan dapat menngobati penyakit Diabetes Melitus alias ‘’ Kencing manis’’. Akar dan batang ciplukan mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Cara mengolahnya pun sangat mudah. Siapkan 10 gram brangkas ciplukan, lalu rebus dengan 400 ml air. Rebus selama 5-10 menit lalu saring dan dinginkan. Kamu bisa minum air rebusan ciplukan tersebut dua kali sehari. Daun ciplukan juga dapat mengobati rematik salah satu penyakit yang identik dengan orang tua tetapi juga beeisiko dialami oleh orang yang lebih muda.
Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menumbuk daun ciplukan yang diberi kapur sirih, kemudian kompreskan pada bagian yang pegal dan sakit. Cara ini dinilai mampu untuk menyembuhkan rematik, tetapi lakukan secara rutin dan konsisten .
Manfaat lain dari daun ciplukan adalah bisa untuk mengatasi dan mencegah penyakit asma yang kamu derita. Caranya dengan menggabungkan daun dan batang ciplukan untuk direbus. Lalu, air rebusannya kamu minum secara rutin hingga asma hilang dan tak kambuh lagi.
Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu mencegah penyakit paru-paru basah. Kamu hanya perlu merebus daun ciplukan dan meminum air rebusan secara rutin. Setelah itu, kamu akan merasakan kemajuan yang positif pada paru-paru.
Meskipun ada 1001 khasiat buah ciplukan dan daunnya, kamu pun perlu mengetahui bahwa efek samping minum air rebusan daun ciplukan pun bisa terjadi. Kamu perlu mewaspadai kandungan beracun solanine dalam buah dan daun ciplukan, seperti yang ada pada tomat dan kentang. Jika dikonsumsi dalam kondisi mentah, solanine bisa menyebabkan pencernaan terganggu, termasuk kram dan diare. Bahkan ada beberapa kasus yang berakibat fatal. Jadi, disarankan kamu untuk mengonsumsi buah ini jika sudah berwarna kuning keemasan alias sudah matang sempurna, bukan berwarna hijau. Selain itu, batasi juga konsumsi harian. Dilansir dari rumah123.com. (Nat)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker