CJH Laksanakan Manasik Haji di Lapangan Golf SG

410

Tuban-20140909-02966kabartuban.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, mengelar bimbingan manasik haji, yang di ikuti ratusan Calon Jama’ah Haji (CJH), kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan golf, komplek rumah dinas PT Semen Gersik, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak. Selasa (9/9/14).

Ratusan calon jama’ah haji  asal Kabupaten Tuban, yang mengikuti manasik haji tersebut,  dijadwalkan berangkat pada 23 september mendatang.

Manasik kali ini, untuk memberikan bimbingan  kepada calon jama’ah haji, tentang mekanisme dan pelaksanaan Ibadah ditanah suci, agar nantinya para CJH tidak mengalami kesulitan.

“Manasik kali ini, adalah yang ketiga kalinya, kita laksanakan ditahun ini, Lingkungan serta atribut kami seting sedemikian rupa, menyerupain yang ada disana, mulai dari Ka’bah, tempat lempar jumroh, dan juga urut-urutannya melakukan ibadah umroh dan haji, saat berada ditanah suci nanti” ujar  Siti Maulidiyah, Kasi Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, Siti Maulidiyah mengungkapkan, Seluruh CJH asal Tuban, yang berjumlah 767 jama’ah tersebut, akan dibagi menjadi 2 kloter, yakni kloter 55 berjumlah 444 orang jama’ah, sedangkan  323 orang jama’ah asal Tuban dan akan bergabung dengan jama’ah asal surabaya yang tergabung dalam kloter 56.

“Dari 767 orang jama’ah asal Tuban, akan kita bagi menjadi dua kloter, satu kloter terisi penuh jama’ah asal Tuban, sedangkan kloter kedua, akan bergabung dengan jama’ah dari Surabaya” Ucap Siti Maulidiyah.

Hingga hari ini, segala persiapan telah dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, dari informasi yang didapat kabartuban.com setelah bimbingan manasik kali ini, seluruh data kesehatan jama’ah, beserta surat penempatan, asrama selama menjalankan Ibadah Haji ditanah suci, akan dibawah ke Surabaya, untuk diserahkan ke Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur.

“Semua sudah kita siapkan, besok rabu, segala surat mulai dari surat kesehatan para jama’ah, penempatan asrama, kita kirim ke Surabaya, sampai  koper para jama’ah sehari sebelum pemberangkatan”. Tuturnya lebih lanjut.

Beliau juga menghimbau, kepada para CJH, untuk selalu menjaga kesehatan mereka, karena kurang dari dua pekan, para jama’ah akan berangkat ketanah suci

“Kepada seluruh CJH, kami meminta agar mereka menjaga kesehatan, agar saat melakukan Ibadah Haji tetap fit,  para jama’ah membutuhkan kondisi fisik yang prima, maka kami menghimbau, untuk selalu jaga kondisi kesehatan mereka” pungkasnya.

Sementara itu, Harry Soebagyo, Kepala Biro Humas dan CSR PT Semen Gersik, mengungkapkan pihaknya selaku perusahaan plat merah, selalu siap membantu pemerintahan, dan warga masyarakat baik, di ring 1-2 dan 3 yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kami selaku Perusahaan BUMN, akan selalu siap membantu, seperti halnya kali ini, kami berkerjasama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban, melaksanakan bimbingan manasik haji,  agar nantinya para jama’ah, saat menjalankan Ibadah Haji, tau persis prosesnya, untuk proses manasik haji kali ini, sengaja kami mensetting, lapangan golf sedemikian rupa, seperti kubah ka’bah,  tempat lempar jumroh dan tempat lainnya” (Pul)