Dorong Percepatan Vaksinasi di Tuban, Polres Tuban Gencar Lakukan Vaksin On The Spot

13
Kegiatan Vaksin On The Spot.

kabartuban.com – Polres Tuban bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban dalam rangka pencapaian target vaksinasi yang terus di tingkatkan di Kabupaten Tuban. Saat ini polres Tuban melakukan gerakan “Vaksin On The Spot” yang dilakukan di titik-titik tertentu.

Dalam kegiatan yang dilakukan Polres Tuban tersebut, masyarakat diimbau untuk membawa KTP, Kartu Vaksin atau Handphope yang telah dilengkapi dengan aplikasi Peduli Lindungi sebagai bukti saat pemeriksaan berlangsung.

Kepala Dinas Kesahatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo mengaku sangat mendukung tindakan tersebut karena capaian target vaksinasi di Kabupaten Tuban harus terus ditingkatkan agar hal tersebut dapat meminimalisir penularan Covid-19 varian yang baru.

“Kami dari Dinkes sangat mendukung, karena capaian vaksin kami masih perlu ditingkatkan, dan ada beberapa  masyarakat yang belum bersedia maka bisa dijaring lewat ini,” jelas Bambang, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Senin (14/02/2022).

Lanjut Bambang, dirinya juga mengaku memberikan arahan kepada masyarakat yang belum di vaksin agar bersedia untuk di vaksin dan memanfaatkan kesempatan yang ada demi mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Sebagai warga Negara wajib mensukseskan program pemerintah yang tujuannya baik,” tandasnya.

Kegiatan vaksinasi on the spot dinilai sangat efektif bagi masyarakat yang enggan melakukan vaksin atau bahkan masyarakat yang kurang mengetahui informasi pelaksaan vaksin. Bambang juga berharap dengan adanya vaksin ini dapat meningkatkan kekebalan masyarakat.

“Dengan capaian vaksin yang makin meningkat maka kekebalan di masyarakat juga makin meningkat atau herdimmunity,“ tutupnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Tuban, Kompol Budi Santoso, mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan terus dilakukan guna mencari masyarakat yang belum mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

“Sama seperti yang kita laksanakan kemarin, kita menjaring masyarakat pengguna jalan selanjutnya kita periksa, kalau belum melakukan vaksin dosis dua langsung kita vaksin di tempat,” terang Kompol Budi Santoso.

Tidak hanya vaksinasi dosis 1 dan 2, program vaksin on the spot juga menyediakan vaksin booster bagi masyarakat.

“Kita siapkan vaksin dosis satu jenis astra, untuk dosis dua kita siapkan Astra dan Sinovac, selain itu kita juga melayani Booster bagi masyarakat yang sudah waktunya dengan vaksin jenis Astra,” imbuhnya.

Program vaksin on the spot tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin. Program pemerintah tersebut mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

“Saya dukung 100% kegiatan pemerintah soalnya beberapa kali saya menemui tetangga ingin vaksin malah penuh, kalau gini kan enak langsung suntik di tempat jadi kita bisa terima beres lah intinya,” jelasnya. (nat/dil)