DPP Sidak Pemeriksaan Hewan Kurban

484
Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, lakukan Pemeriksaan hewan Qurban

kabartuban.com –  Tak ingin kecolongan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, mulai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan jelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal 3 hari lagi.

Seperti yang dilakukan DPP di lokasi penjulan hewan kurban yang berada di Jalan Delima Kelurahan Perbon Kecamatan Kota Tuban. Sejumlah sapi dan kambing yang dijual diperiksa kesehatannya. Mulai dari kulit, hidung, kuku, sampai usia hewan yang dijual khusus untuk kurban Idul Adha.

Pantauan kabartuban.com di lapangan, petugas mendapati dua ekor Sapi tidak dan bebetrap ekor kambing memenuhi ketentuan dan syarat untuk dijadikan hewan kurban yakni belum cukup umur. Sementara, banyaknya kambing yang mengalami sakit mata, dimungkinkan terkena debu ketika di bawa ketempat penjualan hewan kurban, kerana mereka mendapatkannya dari pengepul.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPP Pemkab Tuban, Basuki Tjahyono mengatakan, langkah ini merupakan tahap pertama pemeriksaan.  Pihaknya akan melakukan lagi pemeriksaan untuk memastikan semua hewan steril dari penyakit. Baik itu penyakit kulit, kuku busuk, demam, ingusan, anthrax, maupun cacing hati.

“Jangan sampai masyarakat dirugikan,” kata Basuki Kepada kabartuban,com saat ditemui disela-sela pemeriksaan hewan kurban,Selasa (29/8/2017).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama melihat fisiknya secara umum. Sedangkan tahap dua nanti saat disembelih.  Basuki juga mengimbau masyarakat untuk jeli memilih hewan kurban karena biasanya pengepul menjual kambing atau sapinya dilihat dari besarnya saja  tapi tidak diperhatikan dari sisi syariah islam.

“Pengepul jarang memperhatikan usia hewan apakah sudah memenuhi ketentuan untuk berkurban atau belum, mereka hanya melihat besar kecilnya hewan saja,’’imbaunya.

Sementara itu, Kholid Pimpinan Cabang Nurul Hayat yang membuka lapak pejualan hewan kurban di Kelurahan Perbon Tuban, menyatakan bahwa sapi dan kambing ia dapat dari pengepul Kabupaten Tuban saja.  “Pembeli rata-rata dari sekitar Tuban sendiri,’’ kata Kholid. (Dur)

/