Dua Tahun Hadapi Covid-19, Kasus Di Tuban Terus Menurun

3
Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo

Kabartuban.com –  Dipenghujung tahun 2021 ini, menandakan Indonesia sudah 2 tahun pula menjalani pandemi Covid-19 yang menyerang hingga seluruh dunia.

Dalam setahun terakhir, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Bambang Priyo Utomo, menyebutkan untuk Kabupaten Tuban dalam penanganan Covid-19 sudah sangat baik. Dimana terpantau setiap hari kasus baru hampir nihil, hal ini tercermin juga karena Kabupaten Tuban sudah memasuki level 1, Kamis (30/12/2021).

“Untuk Kabupaten Tuban alhamdulilah penanganan Covid-19 sudah sangat baik, dilakukan monev setiap hari dan kasus baru hampir nihil terus. Apalagi kemaren sudah memasuki level 1,” bebernya.

Kendati demikian, adanya pencapaian baik tersebut tentunya tidak terlepas dari kontribusi seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah.”Kesadaran masyarakat tentang kesehatan sudah semakin bertambah, namun kita masih banyak dan sangat perlu partisipasi semua pihak. Intinya kesehatan bergerak sendiri nggak akan mampu,” ucapnya

Senada dengan itu, dr. Atiek Supartiningsih Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit mengatakan, kondisi saat ini untuk kasus kematian sudah sangat menurun. Hal ini tidak hanya terlihat di Kabupaten Tuban saja melainkan seluruh provinsi manapun di Indonesia

“Dari segi vaksin sendiri betul masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya vaksinasi meski masih ada satu atau dua yang takut untuk divaksin, tapi secara umum sudah lebih baik,” tambahnya.

Yang perlu diperhatikan, ketika sudah terjadi lonjakan kasus membutuhkan waktu lebih lama untuk menurunkannya. Maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan juga mengingat sudah mulai ada varian Covid terbaru dengan tetap mematuhi prokes yang ketat dan meggunakan masker ketika keluar. (hin/dil)